MISTERI SEGITIGA BERMUDA

MISTERI SEGITIGA BERMUDA


Mungkin yang anda pikirkan saat mendengar kata Segitiga Bermuda adalah sesuatu tentang misteri yang tak terpecahkan, alien, mistis, atau kerajaan iblis dll ... Sekarang kita akan mencoba menguak misteri Segitiga Bermuda. Apasih sebenernya Segitiga Bermuda ? ada fenomena apa yang terjadi di sana ? kenapa banyak sekali kejadian yang dianggap tidak masuk akal ? pesawat dan kapal hilang secara tiba-tiba. Apakah sudah di adakan penelitian tentang Segitiga Bermuda ?

Segitiga Bermuda atau dalam Bahasa Inggris Bermuda Triangle, kadang juga disebut Segitiga Setan. Sebuah wilayah di Samudera Atlantik seluas 1,5 juta m2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah Britania Raya sebagai titik di sebelah Utara, Amerika Serikat sebagai titik sebelah Selatan, dan Florida - Amerika Serikat sebagai titik sebelah Barat.

Banyak sekali kejadian janggal dan tidak masuk akal yang dilaporkan dari wilayah tersebut, dari hilangnya kapal-kapal yang melitas, bahkan pesawat terbang menghilang secara misterius. Ada yang mengaitkan dengan fenomena UFO dan Alien atau makhluk luar angkasa.

Lalu sebenarnya apa yang terjadi di sana ? 

Tempat Yang Indah dan Berbahaya

Menurut sebuah naskah kuno menyatakan bahwa Raja Dzul Qarnain pernah mencoba memasuki kawasan agung itu dan setelah kembali mereka mengatakan bahwa tempat itu berpasirkan permata dan berbatukan berlian. Tempat yang dipenuhi kabut tebal itu sangat indah untuk dipandang tapi sangat berbahaya untuk didatangi.

Kronologi dari beberapa peristiwa terkenal




  • 1840: HMS Rosalie
  • 1872: The Mary Celeste, salah satu misteri terbesar lenyapnya beberapa kapal di segitiga bermuda
  • 1909: The Spray
  • 1917: SS Timandra
  • 1918: USS Cyclops (AC-4) lenyap di laut berbadai, namun sebelum berangkat menara pengawas mengatakan bahwa lautan tenang sekali, tidak mungkin terjadi badai, sangat baik untuk pelayaran
  • 1926: SS Suduffco hilang dalam cuaca buruk
  • 1938: HMS Anglo Australian menghilang. Padahal laporan mengatakan cuaca hari itu sangat tenang
  • 1945: Penerbangan 19 menghilang
  • 1952: Pesawat British York transport lenyap dengan 33 penumpang
  • 1962: US Air Force KB-50, sebuah kapal tanker, lenyap
  • 1970: Kapal barang Perancis, Milton Latrides lenyap; berlayar dari New Orleans menuju Cape Town.
  • 1972: Kapal Jerman, Anita (20.000 ton), menghilang dengan 32 kru
  • 1976: SS Sylvia L. Ossa lenyap dalam laut 140 mil sebelah barat Bermuda.
  • 1978: Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, menghilang setelah lepas landas dan kontak radio terputus
  • 1980: SS Poet; berlayar menuju Mesir, lenyap dalam badai
  • 1995: Kapal Jamanic K (dibuat tahun 1943) dilaporkan menghilang setelah melalui Cap Haitien
  • 1997: Para pelayar menghilang dari kapal pesiar Jerman
  • 1999: Freighter Genesis hilang setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent.


Air Kehidupan

Menurut Syaikh Imam M. Ma’rifatullah al-Arsy, segitiga bermuda merupakan tempat titik terujung di dunia ini. Di tengah kawasan itu terdapat sebuah telaga yang airnya dapat membuat siapa saja yg meminumnya menjadi panjang umur, ditempat itu pula Nabi Khidzir bertahta sebagai penjaga sumber "Air Kehidupan" tersebut. Syaikh Imam Ma’rifatullah berkata kalau penyelamat akhir Zaman Imam Mahdi akan keluar dari Ghaibnya melalui tempat tersebut dengan menggunakan jubah suci berwarna kebiruan.

Al-Khiḍr (kanan) dan Dzu Al Qarnayn (yang selalu dihubungkan dengan Alexander the Great), takjub dengan penglihatannya terhadap seekor ikan air asin yang kembali hidup ketika ditaruh ke dalam Air Kehidupan.

Misteri hilangnya beberapa kapal laut dan pesawat terbang di wilayah yang disebut 'Segitiga Bermuda' kini tersingkap sudah. 


Singkirkan jauh-jauh teori tentang pesawat luar angkasa alien, anomali waktu, piramida raksasa bangsa Atlantis, atau fenomena meteorologis. 



Segitiga Bermuda adalah sebuah fenomena gas akut biasa, demikian tulis Salem-News.com. 

Gas alam, sama seperti gas yang dihasilkan oleh air mendidih, terutama gas metana, adalah tersangka utama di balik hilangnya beberapa pesawat terbang dan kapal laut.



Bukti dari penemuan yang membawa sudut pandang baru terhadap misteri yang menghantui dunia selama bertahun-tahun itu tertuang dalam laporan American Journal of Physics. 



Professor Joseph Monaghan meneliti hipotesis itu ditemani oleh David May di Monash University, Melbourne, Australia. 
Dua hipotesis dari penelitian itu adalah balon-balon raksasa gas metana keluar dari dasar lautan yang menyebabkan sebagian besar, untuk tidak mengatakan semua, kecelakaan misterius di lokasi itu. 

Ivan T. Sanderson sebenarnya telah mengidentifikasi sona-sona misterius selama tahun 1960-an. Sanderson bahkan menggambarkan sebenarnya zona-zona misterius itu lebih berbentuk seperti ketupat ketimbang segitiga. 
Sanderson menemukan bahwa bukan saja Segitiga Bermuda tetapi Laut Jepang dan Laut Utara adalah dua area tempat kejadian misterius sering terjadi. 

Para Oseanograf yang menjelajah di dasar laut Segitiga Bermuda dan Laut Utara, wilayah di antara Eropa daratan dan Inggris melaporkan menemukan banyak kandungan metana dan situs-situs bekas longsoran. 

Berangkat dari keterkaitan itu dan data-data yang tersedia dua peneliti itu menggambarkan apa yang terjadi jika sebuah balon metana raksasa meledak dari dasar laut. 
Metana, yang biasanya membeku di bawah lapisan bebatuan bawah tanah, bisa keluar dan berubah menjadi balon gas yang membesar secara geometris ketika ia bergerak ke atas. 

Ketika mencapai permukaan air balon berisi gas itu akan terus membesar ke atas dan ke luar. 

Setiap kapal yang terperangkap di dalam balon gas raksasa itu akan langsung goyah, kehilangan daya apung dan tertarik jatuh ke dasar lautan. Jika balon itu cukup besar dan memiliki kepadatan yang cukup, maka pesawat terbang pun bisa dihantam jatuh olehnya.
Pesawat terbang yang terjebak di balon metana raksasa, berkemungkinan mengalami kerusakan mesin karena diselimuti oleh metana dan segera kehilangan daya angkatnya. Antara News.



Lalu apakah ada segitiga bermuda di wilayah Indonesia ? Jawabanya, Ada ! Sering juga disebut sebagai Segitiga Masalembo.

Segitiga Masalembo
Sejumlah kecelakaan yang terjadi tepat di kawasan segita Masalembo antara lain, tenggelamnya KM Teratai Prima 11 Januari 2009, Kapal Kargo 8 Juli 2008, Kapal Ikan Sumber Awal 16 Agustus 2007, KM Fajar Mas 20 Juli 2007, Pesawat AdamAir 1 Januari 2007, KM Mutiara Indah 19 Juli 2007, dan KM Tampomas II pada 27 Januari 1981.

Sejak lama perairan Majene atau segitiga Masalembo dikenal sebagai kawasan yang rawan. Pulau Masalembo adalah pulau kecil yang terletak di pertigaan laut Jawa dan laut Makassar di mana di kedalaman laut membentuk segitiga yang nyaris sempurna yakni segitiga sama sisi.

Berbeda dengan segita Bermuda yang dikaitkan dengan intensitas magnetik yang tinggi, maka segitiga Masalembo memiliki intensitas magnetik yang rendah. Namun, kawasan ini sudah terlanjut dianggap angker oleh para pelaut. Padahal keangkeran laut Majene lebih disebabkan oleh gangguan alamiah bukan mistis.

Kawasan ini menjadi rawan karena merupakan pertemuan arus dan tanjung serta pusaran angin. Arus dari laut Flores dan Sulawesi bertemu di sana. Di kawasan ini juga sering terjadi perubahan cuaca mendadak. Pusat tekanan laut berubah rendah secara mendadak sehingga mengubah arah gelombang. Akibatnya ombak memukul dari arah samping kapal. Hal inilah yang menyebabkan kapal terbalik atau terhempas.

Melihat rawannya kawasan segitiga Masalembo dan perlunya menekan angka kecelakaan maka perlu dipasang rambu lalu lintas laut yang canggih seperti mercusuar atau radar pemantau. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah penelitian tentang perilaku arus laut dan cuaca di kawasan tersebut. Wandinews.

Video Misteri Perairan Majene, Segitiga Masalembo : 




Tujuh Teori Tentang Misteri Segitiga Bermuda : 


1. TEKNOLOGI ATLANTIS




Dari berbagai klaim tentang Segitiga Bermuda, salah satu dugaan adalah bahwa tempat itu adalah lokasi kota Atlantis yang hilang. Edgar Cayce meramalkan bahwa pada tahun 1968 arkeolog akan menemukan pintu masuk ke kota Atlantis tenggelam di dekat Bimini di Segitiga Bermuda. Pada saat itu batu yang membentuk dinding ditemukan terbenam secara disengaja di sebuah pulau di Bahama dan banyak yang beranggapan ini adalah bukti dari kota Atlantis yang hilang. 


Menurut legenda, kota Atlantis mempunyai pembangkit energi dari kristal dimana sampai hari ini masih mengirimkan gelombang energi, karena lokasi kristal yang terkubur di bawah laut yang menyebabkan kapal dan pesawat akan terganggu pada peralatan navigasinya. Teori konspirasi hari ini juga berspekulasi tentang sebuah pangkalan militer di bawah air yang dikenal sebagai Underwater Area 51, salah satu alasan untuk misteri di Segitiga Bermuda.

2.MESIN WAKTU


Beberapa laporan mengatakan bahwa sebanyak 1.000 jiwa telah hilang dalam 500 tahun terakhir dan bahwa lebih dari 50 kapal dan 20 pesawat telah hilang dalam 1 abad terakhir. Angkatan Laut AS dan Coast Guard mengatakan ada bukti kegiatan yang tidak biasa di daerah tersebut. 


Lalu apakah ada hubungannya dengan perjalanan waktu? Dugaan ini masih luas beredar di kalangan masyarakat dunia. Namun, ada yang berpikir Segitiga Bermuda memiliki ‘lubang biru’ dianggap sisa-sisa lubang cacing dimana alien lintas dimensi melakukan perjalanan ke Bumi.

3.PENCULIKAN OLEH ALIEN


Teori Penculikan Alien di segitiga bermuda  begitu populer namun sepertinya tidak mungkin. Kecelakaan ‘misterius’ di daerah itu meningkat pada tahun 1967 dengan press release oleh National Geographic Society merinci fenomena aneh di dalam dan sekitar Segitiga. 


Tentu saja penculikan alien bukan dugaan, tapi orang-orang segera mulai mengisi kekosongan dengan penjelasan seperti alien mengganggu peralatan navigasi untuk menculik orang. Kabut psikedelik tahun enam puluhan mulai diangkat sebagai isu saat orang-orang pindah ke 70-an, tetapi gagasan alien berlanjut lama setelah tahun 60-an menjadi memori transendental. Sebuah pencarian besar di darat dan laut dilakukan untuk menemukan 5 torpedo bomber Angkatan Laut yang menghilang saat melakukan penerbangan rutin serta pesawat penyelamat yang hilang setelah dikirim untuk mencari kru yang hilang. 


Penerbangan 19 terdiri dari 13 awak, dan sampai sekarang korban dan puing-puing pesawat tidak pernah diketemukan, termasuk pesawat penyelamat yang terdiri dari 14 orang lainnya yang bermaksud menjadi tim pencari.


4.SERANGAN YANG MENGHANCURKAN





Jauh lebih masuk akal, meski jauh lebih tragis, adalah serangan yang disengaja untuk penghancuran.. Meskipun dalam penerbangan 19 tadi, tidak ada bukti untuk dugaan bahwa pesawat hilang karena serangan yang disengaja, banyak yang percaya ini adalah alasan bagi banyak pesawat dan kapal hilang lainnya di daerah Segitiga Bermuda. Tindakan penghancuran sengaja mencakup tindakan perang dan pembajakan. 


Catatan dalam file musuh selama Perang Dunia telah mendokumentasikan banyak kerugian, dan orang-orang yang tidak tercatat, banyak yang diasumsikan telah tenggelam oleh salah satu perampok permukaan atau kapal selam. Pembajakan oleh Bajak laut, perompak, atau bahkan penyelundup obat bius. Sampai hari ini banyak catatan peristiwa tentang hilangnya kapal karena pembajakan di laut terbuka meskipun Kapten Blackbeard si bajak laut legendaris itu sudah lama tiada.

5.MEDAN MAGNET


Kecelakaan aneh di Segitiga Bermuda telah dikaitkan dengan bukti masalah kompas dan navigasi, membuat bidang geomagnetik sebagai kasus nyata, dan teori masuk akal untuk penghilangan yang terjadi di Bermuda. Masalah dengan peralatan magnetik dari medan geomagnetik adalah 5 dari sepuluh alasan utama Segitiga Bermuda menjadi begitu membingungkan. 


Banyak teori bahwa ada anomali magnetik di daerah tersebut dan bahwa wilayah ini termasuk salah satu dari hanya dua tempat di bumi di mana kutub utara dan magnet utara membujur yang dapat menhasilkan bervariasi hasil pada peralatan navigasi. Dalam kaitannya dengan teori ‘kabut elektronik’ oleh Rob MacGregor dan Bruce Gernon, badai elektromagnetik yang kuat dari dalam bumi menembus ke permukaan dan datang ke atmosfir, lalu meninggalkan kabut di belakangnya.

6.VARIASI ARUS TELUK



Arus Teluk hampir seperti sebuah sungai dalam laut yang berasal dari Teluk Meksiko dan mengalir melalui Selat Florida ke Atlantik Utara. Ini mencakup 40 sampai 50 mil luas wilayah dan dapat membawa puing-puing hingga kecepatan permukaan 5,6 mil per jam untuk 2-4 simpul arus dan hal ini tergantung pada pola cuaca. 


Arus Teluk dapat dengan mudah memindahkan pesawat atau kapal tentunya, dan selanjutnya, Segitiga Bermuda termasuk sebagai beberapa palung laut terdalam di dunia, yang terdalam mendekati hampir 10.000 meter di bawah laut. Kapal tetap sangat mungkin ditelan oleh laut ke parit jika tidak oleh arus. Tanpa diduga gelombang tinggi juga telah dilaporkan hingga delapan puluh meter di luar Arus Teluk, menambah sulitnya mencari kapal dan pesawat hilang di laut.


7.GAS METHAN




Salah satu Penjelasan tentang segitiga bermuda sebagai laut pemangsa misterius adalah Gas Metan. Teori ini telah difokuskan pada kehadiran bidang besar gas alami yang disebut metana. Percobaan laboratorium telah membuktikan bahwa gelembung metana memang bisa menenggelamkan kapal dengan mengurangi kepadatan dari air dengan puing-puing dasar laut dan busa yang sangat mungkin untuk naik ke permukaan untuk kemudian dengan cepat menggulingkan kapal. 


Teori ni memiliki bukti tambahan dengan peristiwa letusan ‘gunung lumpur’ yang dapat menghasilkan air berbusa yang tidak lagi mampu memberikan daya apung yang memadai untuk kapal, menyebabkan mereka tenggelam sangat cepat tanpa peringatan. Telah diketahui dari percobaan bahwa gas metana juga dapat mempengaruhi pesawat serta kapal. 


Publikasi oleh USGS menjelaskan tentang persediaan besar hidrat bawah laut di seluruh dunia. Tetapi menurut dokumen lainnya, tidak ada rilis besar gas yang diyakini telah terjadi di Segitiga Bermuda selama 15.000 tahun terakhir. 
Dari beberapa teori dan penjelasan di atas mungkin yang lebih jelas dan masuk akal adalah Gas Metan penyebab utama pada kejadian-kejadian aneh di sekitar Segitiga Bermuda. Tapi menurut saya selain penjelasan ilmiah dari fakta penelitian, masih ada misteri lain tentang segitiga bermuda. Mungkin sesuatu misteri yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang manusia. Mistis.
























Broken Template - Sorry :(

Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar