Kejawen - Olah Roso


“Olah Roso” dapat ditinjau dari berbagai tahapan, tahapan awal merupakan tahapan entry poin yang harus dilalui oleh setiap orang yang ingin malkoninya.

1. Bagi kita yang baru ingin memulai “Olah Roso”, kiranya kita harus mengerti betul mengenai diri kita sendiri.

A)Lakukan Olah Roso sebelum tidur, dan sebelum Sembahyang Malam hari.
B)Posisi telentang layaknya orang sedang melamun sebelum tidur.
C)Tanyakan pada diri kita sendiri, apakah hari ini kita membuat sesuatu yang merugikan pihak lain (orang lain, Alam, Alam Gaib, dlsb.)
D)Jika menurut Anda, Anda tidak berbuat sesuatu yang merugikan pihak lain, sudah selayaknya Anda bersyukur. Tetapi, jika menurut Anda, Anda berbuat sesuatu yang merugikan pihak lain, sudah selayaknya Anda pun memohon ampun pada Ghusti, bahwa Anda telah merugikan mahluk ciptaannya.

Setelah mengenal dan mengerti siapa diri kita. Saatnya kita dapat melangkah ke jenjang “Olah Roso” yang lebih kompleks.

2. Tahap Kedua, pada tahap ini kiranya Anda dapat memulai dengan Puasa-puasa dasar, sebelum melakukan beberapa puasa advance.
A)Puasa hari kelahiran
B)Puasa Mutih

3. Tahap Ketiga
A)Merenung atau Meditasi, dengan cara yang mudah, adalah dengan posisi telentang seperti orang sedang tidur.
B)Dalam Merenung atau Meditasi, arahkan pikiran Anda kepada hal-hal yang positif saja. Konsentrasikan bagaimana bahagia-nya menjadi orang yang baik dan mempunyai Budi Pekerti yang tinggi.

4. Tahap Keempat
Tahap ini, jika Anda telah menemukan Kebahagiaan melakoni semua tahap di atas tersebut, maka pasti Anda sudah menemukan Tahap yang Keempat ini. Disinilah, misteri yang paling membahagiakan bagi seorang Kejawen Sejati.


Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar