Kisah Rasullullah - Adab Menggunakan Tangan Kanan


Kita perhatikan banyak kaum muslimin yang belum tahu atau menganggap sepele adab makan minum dalam Islam. Di antara yang masih banyak dilakukan adalah makan dan minum menggunakan tangan kiri bahkan sambil berdiri. Padahal telah jelas perintah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam untuk makan dan minum dengan tangan kanan dan itu bukan sekedar keutamaan.

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaklah makan dengan tangan kanannya. Dan apabila minum maka minumlah dengan tangan kanannya, karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR Muslim 2020, Timidzi 1800, Abu Dawud 3776).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam memerintahkan seorang anak kecil tatkala makan, “Wahai anak kecil bacalah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu!” (HR Bukhari 5376 dan Muslim 2022).

Memberi menggunakan tangan kanan dan ketika menerima. Makan dan minum juga hendaknya menggunakan tangan kanan. dan menggunakan tangan kanan untuk hal-hal yang baik.Ketika seseorang makan, minum, memberi atau menerima menggunakan tangan kiri, maka seperti yang digambarkan oleh Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bahwa perbuatan demikian seperti perbuatan yang dilakukan oleh setan.
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar