Penemuan Komplek Purbakala di Sumatera


Selain empat rumah, tim juga menemukan beberapa lumpang batu, batu menhir dan tempayan.

Komplek rumah batu ditemukan di Dusun Tegur Wangi, Kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempu Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Rumah ini merupakan peninggalan sejarah pada abad keenam.

Rumah ditemukan setelah tim dari Balai Arkeologi Palembang dan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala menggali hingga enam hari. "Rumah ini dibangun 1.000 - 1.400 tahun lalu, atau sekitar abad ke 6-10 Masehi," kata ketua tim penggalian Kristantina Indiastuti.

Selain empat rumah batu, tim juga menemukan beberapa lumpang batu, batu menhir, dan tempayan kubur. Pada masanya, lumpang batu digunakan menumbuk padi, biji-bijian, dan rempah-rempah. Batu menhir untuk rapat, dan tempayan kubur untuk menyimpan tulang belulang anggota masyarakat yang telah meninggal.

Lokasi penggalian ini terletak di kebun kopi milik warga yang hanya berjarak 1 km dari perkampungan penduduk.


4 Rumah batu dan beberapa megalit ditemukan di lokasi penggalian di Dusun Tegur Wangi, Kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempu Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Tempat ini diduga merupakan komplek permukiman masyarakat pada abad ke-6 zaman Kerajaan Majapahit sebelum masa Kerajaan Sriwijaya. Diperkirakan masih banyak rumah batu di lokasi ini namun masih terkubur di dalam tanah akibat gempa bumi dan gejala alam lainnya.

Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar