Fenomena Langka Bunga Lotus Es di Arktik


Jeff Bowman, Mahasiswa pasca-sarjana University of Washington Amerika Serikat, dan profesornya, Jody Deming, berhasil mengabadikan fenomena langka dan jarang terlihat. Fenomena padang bunga es di Arktika. beberapa foto dari kejadian langka ini diambil saat keduanya tengah melakukan penelitian dari proyek gabungan antara ilmu kelautan, mikrobiologi, pada akhir tahun 2011 lalu.

Padang bunga lotus yang mengapung tersebar di atas permukaan danau es di Arktika. Perbedaannya, padang bunga es ini mengambang di atas laut dingin, yang suhu kedinginanya bisa menusuk tulang, atau disekitar suhu minus 22 derajat Celcius.

Bentuk bunga lotus es ini terbilang sangat kecil dan dengan bentuk bagian ujung yang agak meruncing. Selain itu di sini juga merupakan tempat hidup dari makhluk mikro-organisme. Bahkan lebih padat dibanding mikro-organisme yang hidup di bawah air beku Arktika.

Bunga es ini diketahui dapat memproduksi bahan kimia seperti formaldehida yang dapat menjadi sebuah petunjuk mengenai asal-usul kehidupan seluruh makhluk di muka Bumi ini. Sampel dari beberapa bunga es ini di bawa ke sebuah laboratorium di University of Washington Untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Berikut Foto-fotonya:







Bookmark and Share

0 comments:

Posting Komentar