5 Makanan Yang Harus Dihindari Anak & Bahaya Di Baliknya


Sudah seharusnya orangtua memperhatikan benar apa yang dikonsumsi oleh anak. Jangan hanya karena alasan sibuk, orangtua malah memberikan makanan yang tidak sehat. Untuk menghindarinya, simak lima makanan yang sebaiknya tidak Anda sajikanuntuk si kecil, seperti yang dikutip dari Lifemojo.

1. Chicken nuggets

Makanan ini merupakan salah satu makanan favorit anak-anak. Sayangnya, makanan ini mengandung banyak garam, perasa buatan dan bahan pengawet. Belum lagi chicken nugget dimasak dengan cara digoreng di dalam minyak yang kaya akan lemak trans (salah satu jenis lemak yang tidak baik bagi kesehatan karena bisa mengikis kolesterol baik) Memakannya dengan saus tomat atau sambal botolan tentu semakin memperparah keadaan.

Tak diragukan lagi, makanan ini memang lezat namun sedikit sekali nutrisi yang bisa diambil oleh tubuh. Sebaiknya, ganti chicken nugget dengan dada ayam bakar yang dibentuk lucu, mungkin diperlukan usaha dan kreatif lebih untuk membuatnya tapi ini berguna agar si kecil termotivasi untuk mengonsumsinya.

2. Sereal manis

Sereal manis dengan berbagai rasa seperti cokelat atau marshmellow juga menjadi santapan favorit si kecil saat sarapan. Sebagian sereal tersebut mengandung pengawet, minyak terhidrogenasi dan pewarna buatan. Solusinya, biasakan si kecil mengonsumsi sereal gandum utuh. Agar lebih nikmat, tambahkan kacang-kacangan, irisan buah atau kismis.

3. Kentang goreng

Ini adalah makanan yang sangat populer di kalangan anak-anak. Makanan ini memiliki kandungan lemak trans, kalori, natrium yang tinggi. Ganti camilan tak sehat ini dengan memberikan irisan wortel atau kentang panggang yang sehat.

4. Keripik kentang

Sama dengan kentang goreng, keripik kentang juga mengandung lemak trans dan natrium yang tinggi. Sebagian dari keripik yang dijual dipasaran juga terkait dengan isu akrilamida, senyawa karsinogenik yangmenjadi pemicu kanker. Ganti snack si kecil dengan potongan sayuran atau potongan keripik jagung bakar.

5. Donat

Makanan ini tak hanya disukai anak, Anda yang sudah dewasa pun juga ikut menyukainya. Namun sayang sekali, makanan ini memiliki nilai gizi yang rendah. Donat biasanya mengandung gula halus, tepung, penambah rasa (vanili) dan sebagian minyak yang telah terhidrogenisasi. Semua itu berubah menjadi lemak trans yang telah dijelaskan di atas dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, stroke dan kanker.

Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar