Khasiat Madu Lebah


Khasiat Madu Lebah – Lebah termasuk serangga yang sangat istimewa di muka bumi dengan madunya yang murni bisa bermanfaat untuk kesehatan manusia. Madu memiliki kandungan kimiawi yang sangat cocok dengan tubuh manusia untuk menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan stamina, menyembuhkan berbagai keluhan penyakit. Khasiat Madu Lebah sudah dipercaya sejak zaman dahulu sebagai tambahan untuk ramuan herbal maupun obat tradisional, juga dapat langsung di minum karena rasanya juga sangat manis, lebih manis dari gula.

Lebah bisa menjadi contoh sebuah akhlak yang mulia bagi manusia, dimana lebah adalah serangga yang tidak pernah merugikan siapa pun, Dengan dia menghisap sari bunga yang sedang mekar maka dia membantu proses penyerbukan bunga namun tidak meninggalkan luka pada bunga tersebut sehingga dengan penyerbukan tersebut maka jadilah buah atau biji bijian tumbuhan untuk regenerasi. Kemudian dari sari bunga disimpan disimpan disarangnya di kumpulkan sehingga jadilah madu sebagai cadangan makanan yang akhirnya bisa diambil manusia untuk obat kesehatan.

Khasiat dan manfaat yang ada didalam kandungan madu Lebah murni yakni:
  • Membantu menjaga stamina dan kesehatan Ibu hamil karena memberikan asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan.
  • Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi.
  • Mengobati luka bakar. Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan.
  • Meningkatkan nafsu makan Anak-anak ( adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), dan mempercepat pertumbuhan fisik sehingga anak tumbuh sehat , lincah dan riang serta tahan penyakit.
  • Mengembalikan stamina dari kelelahan dan stress.
  • Makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi lansia yang organ pencernaannya sudah mulai berkurang fungsinya, karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh.
  • Bila digunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lain.
  • Dengan menggunakan cairan madu berkadar 90% (madu dicampur air hangat) dua hari sekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala, diurut pelan-pelan selama 2-3 menit, madu dapat membunuh kutu, menghilangkan ketombe, memanjangkan rambut, memperindah dan melembutkannya serta menyembuhkan penyakit kulit kepala.
  • Mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes karena adanya unsur antioksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. Madu nutrisi kaya vitamin B1, B5, dan C dimana para penderita diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini. Sesendok kecil madu alami murni akan menambah cepat dan besar kandungan gula dalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Sebaiknya penderita diabetes melakukan analisis darah dahulu untuk menentukan takaran yang diperbolehkan untuknya di bawah pengawasan dokter.
  • Mencegah terjadinya radang usus besar, maag dan tukak lambung. Madu berperan baik melindungi kolon dari luka-luka yang biasa ditimbulkan oleh asam asetat dan membantu pengobatan infeksi lambung (maag). Pada kadar 20% madu mampu melemahkan bakteri pylori penyebab tukak lambung di piring percobaan.
Itulah tadi informasi seputar kisah lebah dan khasiat madu lebah murni semoga bermanfaat, Ingat hanya madu lebah murni yang bermanfaat baik untuk kesehatan bukan madu campuran gula.


Artikel terkait : Khasiat Madu Dalam Al Qur'an


Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar