Mengenal Pengobatan Tradisional Cina


Cina yang selama ini dikenal dengan negara obat tradisional dalam menangani berbagai masalah gangguan kesehatan memang layak diacungi jempol. Karena semakin banyak orang yang mempercayai proses penyembuhan alternatifnya yang bisa dikatakan manjur. Namun, Bagaimana Pengobatan Tradisional Cina mendefinisikan penyakit dan cara berbeda dari konsep Allopathic. Berikut ini Alternative-1st akan share tentang Mengenal Pengobatan Tradisional Cina yang selama ini sudah sangat populer.

Budaya yang berbeda memiliki berbagai persepsi tentang penyakit. Kebanyakan budaya Barat akan mempertimbangkan penyakit sebagai fenomena alam yang biasanya terjadi ketika tubuh terkena panas yang ekstrim, basah dan dingin. Namun, beberapa budaya menganggap bahwa penyakit terjadi karena nasib buruk dan juga bahwa manusia memiliki kontrol yang minimal atas kesehatan mereka.

Pengobatan Tradisional Cina, juga disebut obat oriental, merupakan metode penyembuhan alternatif kuno yang telah ada selama ribuan tahun, tetapi terus digunakan di seluruh dunia. Bahkan, semakin banyak orang yang mengambil keuntungan dari metode penyembuhan tradisional seperti halnya membawa manfaat terapi memuaskan dengan minus efek samping. Selama ribuan tahun, sistem medis telah digunakan untuk mencegah, mendiagnosa dan mengobati penyakit. Hal ini terutama bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan dan harmoni dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Cina memiliki penjelasan yang berbeda dan kompleks tentang bagaimana penyakittersebut terjadi. Menurut Pengobatan Tradisional Cina, penyakit terjadi sebagai akibat dari ketidakharmonisan yang mungkin dipicu oleh beberapa faktor eksternal dan internal. Ini terjadi ketika organ yang bertanggung jawab untuk pencernaan, penuaan dan pernapasan yang tidak selaras dengan kekuatan luar.

Sistem anatomi allopathic dari tubuh manusia sebenarnya terdiri dari 10 sistem yang berbeda yang datang dengan set mereka sendiri fungsi. Obat allopathic adalah penyembuhan praktik konvensional yang dirancang untuk melawan efek penyakit yang terbawa. Menurut Wikipedia, ini praktik pengobatan konvensional memanfaatkan intervensi fisik atau agen farmakologi aktif untuk mengurangi gejala atau mengobati penyakit.

Pengobatan Tradisional Cina kurang peduli dengan struktur anatomi dan sistem. Sebaliknya, berfokus pada identifikasi dan memeriksa faktor-faktor yang berbeda yang memainkan peran penting dalam proses pernapasan, dan penuaan pencernaan. Ini adalah metode holistik penyembuhan yang didasarkan pada konsep keseimbangan dan harmoni. Hal ini juga membantu dalam menstimulasi kekuatan alami tubuh kuratif dalam rangka untuk mengobati dan mencegah penyakit.

Tubuh dikatakan mengandung energi Qi atau kehidupan yang mengalir di sepanjang meridian tubuh. Ketika aliran energi atau qi diblokir atau melemah, gangguan kesehatan mulai terasa. Pada dasarnya, terjadinya gangguan kesehatan terutama dipicu oleh penyumbatan pada aliran energi kehidupan.

Pengobatan Tradisional Cina bertujuan untuk menemukan pengobatan untuk penyebab penyakit. Praktisi akan menggunakan metode diagnostik yang berbeda untuk menentukan beberapa pola yang menyebabkan ketidakharmonisan. Setelah penyebab harmoni diidentifikasi, dokter akan merekomendasikan metode terbaik yang mampu mengembalikan keseimbangan dalam tubuh seperti pijat, herbal dan akupunktur.

Pengobatan Tradisional Cina Cina, tubuh manusia dipandang sebagai suatu keseluruhan organik. Menurut sistem ini, organ-organ tubuh dibagi menjadi tiga subtipe, yin (Zang), para Yang (fu) dan fu yang luar biasa organ. Organ-organ ini saling berhubungan melalui peta agunan dan meridian. Menurut pengobatan Tiongkok kuno, tubuh manusia terdiri dari yin dan energi yang, dan lima elemen dasar yang meliputi udara, air, tanah, logam dan api.

Dalam pengobatan Barat, tubuh manusia dipandang sebagai entitas yang terpisah yang dapat dipengaruhi oleh perubahan musiman dan iklim, namun keduanya tidak dilihat sebagai bersatu seperti bagaimana Cina melihatnya. Geografi juga dipandang sebagai faktor utama yang mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh manusia. Perubahan dalam geografi biasanya menyertai perubahan iklim yang dapat menciptakan dampak bagi tubuh. Melalui waktu, tubuh akan mampu beradaptasi dengan perubahan ini.

Siang dan malam juga menciptakan dampak pada tubuh. Yang dikatakan meningkat eksternal di pagi hari dan beredar pada siang hari dan siang hari. Ketika malam datang, energi internal yang menjadi sehingga membuat orang jatuh ke dalam tidur. Dengan skenario ini, kita dapat menyimpulkan bahwa energi Yang adalah aktif dan eksternal sementara yin adalah memelihara dan energi internal.

Selain konsep berbagai penyakit antara pengobatan barat dan Pengobatan Tradisional Cina, pengobatan juga bervariasi. Biasanya, pasien berbagi penyakit yang sama dan gejala diberi perlakuan yang sama. Dalam Pengobatan Tradisional Cina, terapis mengobati pasien, bukan penyakit kesehatan. Praktisi percaya bahwa pasien mungkin memiliki kondisi kesehatan yang sama dan keluhan serupa namun penyebab kondisi bervariasi. Dengan demikian, setiap pasien harus menerima terapi pengobatan yang berbeda tergantung pada kebutuhan nya. Alternative-1st

Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar