Candi Kalicilik


Candi Kalicilik terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Tidak seperti bangunan candi yang ada di Blitar, Candi Kalicilik terbuat dari bata yang direkatkan satu sama lain dengan system gosok. Denah bangunan berbentuk bujur sangkar dan arah hadapnya ke barat. Dahulu, pintu masuk candi dari arah barat, namun sekarang gapura pintu masuk sudah ditempati oleh rumah warga, sehingga pintu masuk candi dibuat baru dari arah selatan.


Candi Kalicilik yang secara astronomis berada di antara 07⁰ 59 898' LS dan 112⁰ 08 422' BT dikenal sebagai Candi Genengan atau Candi Puton. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Sesuai pahatan angka pada candi tertera 1271 Saka (1349 M) berarti pada masa Pemerintahan Raja Tribuana Wijaya Tunggadewi.


Candi Kalicilik adalah candi Hindu karena terdapat Arca Mahakala yang merupakan perwujudan Syiwa dalam bentuk Penjaga Candi, dan Arca Syiwa Mahaguru yang berada di halaman candi. Kini, arca-arca tersebut telah raib dari tempatnya.

Candi Kalicilik pernah dipugar oleh Belanda pada tahun 1913 untuk mengantisipasi dari keruntuhan. Dan pemugaran terakhir dilakukan oleh pemerintah Indonesia pada 1993.

Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar