Bimini Road

Misteri Jalan Setapak Di Dasar Laut


Bimini Road - Pulau Bimini, Kepulauan Bahama. Para penyelam yang pernah melihat penampakan pertama kali jalan di dasar lautan tentunya sangat terkejut. Ada yang mengatakan Bimini Road adalah buatan alam alias alami, namun anehnya struktur dan tatanan batunya sangat rapi. Apakah Bimini Road adalah peninggalan zaman masa lalu yang tenggelam ?



Susunan dan Potongan Batu yang Sangat Rapi

Namun sampai saat ini Bimini road sendiri masih banyak diliputi kontroversi, bagi orang-orang yang percaya bahwa Atlantis benar-benar eksis, mereka beranggapan mungkin ini dulunya merupakan sebuah jalan raya kuno, adapula yang menganggap reruntuhan sebuah tembok bangunan/benteng dari peradaban tsb.




Bimini Road - Batu tersusun rapi di dasar laut Kepulauan Bahama. Dapatkah alam membuat jalan batu serapi itu secara alami ?

Namun, ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa Bimini road terbentuk secara alami.
Saat ini, pencarian dari sisa2 daratan atlantis masih terus dilakaukan, terutama diperairan Bahama ini, karena menurut beberapa prediksi dari para arkeolog, mungkin masih banyak temuan yang bisa didapat untuk menguak misteri Atlantis.

Sketsa Bimini Road yang ditemukan
Bimini Road mempunyai panjang 0.8 km / 800 meter

Sejarah Penemuan Bimini Road

Pada September 1968, J. Manson Valentine yang menyelam pada kedalaman 5.5 meter di bawah laut lepas pantai Bimini secara tidak sengaja menemukan "jalan setapak" yang kemudian diteliti dan diketahui terbentuk dari jajaran bebatuan beraneka ukuran dan ketebalan. 

Penyelam yang Sedang menikmati keindahan Bimini Road





Bimini Road terbentuk dari susunan batu kotak segi empat dan persegi panjang, jenis batunya adalah Lime Stone. Lime Stone adalah batuan sedimen atau endapan yang terbentuk dari mineral Calcite dan Aragonite.

Bimini Road tidak begitu dalam di dasar laut sehingga terlihat dari permukaan air laut.





Perkiraan Umur Bimini Road

Para peneliti menggunakan dua cara dalam meneliti Bimini Road yaitu dengan sistem Radiocarbon dan Uranium-thorium. Pada 1978, departemen geologi universitas Miami menerima data dari E.A Shin dari hasil penelitian tahun 1977 dan penelitian selanjutnya pada tahun 1979 diteruskan oleh Calvert, menurut Calvert bebatuan Bimini Road berumur 3500 tahun.

Penjelasan Geologis

Para ahlo geologi dan arkhelogi setuju bahwa Bimini Road adalah bentukan alam, dimana batuan-batuan itu adalah beachrock yang telah mengalami erosi selama ribuan tahun. Erosi dalam jangka waktu yang panjang dan teratur memang dapat membentuk batu secara alami seperti segi empat, poligonal dan bentuk lainnya yang aneh. Namun tetap saja diantara para peneliti Bimini Road masih misterius, mereka berkeyakinan masih ada situs lainnya yang belum ditemukan di sekitar situs Bimini Road itu.

Hotel berbintang V - Bimini, Kepulauan Bahama

Sumber: Wikipedia - The Mist
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar