Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

Mengapa Air Tak Tergantikan?




Jika ditanya komponen gizi apa yang paling banyak terdapat pada tubuh, jawaban yang tepat adalah Air! Air putih sangat penting bagi tubuh untuk membantu organ bekerja optimal dan menggantikan cairan yang hilang. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, tubuh dapat terhindar dari berbagai dampak dehidrasi seperti sakit kepala, infeksi saluran kemih, batu ginjal, konstipasi dan penyakit lainnya.

Namun, sayangnya, gaya hidup modern membuat banyak orang lebih terbiasa mengkonsumsi minuman ringan, kopi, teh dan minuman jenis lainnya dibandingkan air putih. Meskipun sama-sama cairan, tahukah Anda kalau minuman-minuman ini justru dapat mengakibatkan dehidrasi?

Pada minuman ringan atau soda, setidaknya dalam satu kemasannya mengandung 7 buah gula kubus, yaitu sekitar 35 gram. Tingginya kadar gula ini dapat membahayakan tubuh! Karena kadar gula yang berlebih dalam darah meningkatkan produksi insulin yang akan bekerja memasukkan gula yang berlebih dalam darah ke dalam sel-sel tubuh untuk digunakan dan disimpan. Jika hal ini terus berlangsung dapat mengarah ke risiko kegemukan dan resistensi insulin. Resistensi insulin akan meningkatkan risiko diabetes mellitus dan ganguan jantung pembuluh darah. Sedangkan untuk membakar kalori yang kita terima dari satu kaleng minuman ringan, kita perlu berlari selama 20 menit.

Lalu, bagaimana dengan teh dan kopi favorit Anda? Minuman ini memang telah banyak berinovasi dan tidak lagi merupakan sumber lemak dan kalori. Namun, perlu diingat bahwa minuman ini tetap mengandung kafein. Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui bahwa kafein bersifat membuat tubuh buang air kecil sehingga konsumsi kafein berlebih dapat menimbulkan dehidrasi dan efek lainnya seperti mual, meningkatnya keluhan PMS (pre menstrual syndrome) pada perempuan, gelisah, perasaan cemas, dan penyakit lainnya. Jadi, mengurangi konsumsi teh atau kopi harian Anda bisa jadi langkah pertama yang mudah untuk hidup sehat!

Minuman lain yang cukup populer, biasanya di kalangan anak muda, adalah minuman olahraga. Minuman yang biasa dikonsumsi oleh para atlet ini memang menyegarkan. Namun, perlu diingat bahwa minuman jenis ini mengandung sodium, karbohidrat dan kalori yang tinggi. Jadi, jika Anda mengkonsumsinya pada saat tidak sedang berolahraga atau berkeringat, minuman ini bisa membawa efek negatif untuk tubuh Anda.

Dengan semua pertimbangan di atas, ada baiknya jika Anda mulai mengurangi jumlah minuman ringan, , kopi, teh, atau minuman berenergi yang biasa Anda konsumsi. Drink more water, instead! karena pada dasarnya air putih dengan mineral yang seimbang adalah sumber utama pengganti air tubuh yang hilang setiap harinya.
http://www.aqua.com/airdananda/mengapa-air-tak-tergantikan-id



MAANFAAT AIR PUTIH :

1. Memperlancar sistem pencernaan
Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan kecantikan
Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.

4. Untuk kesuburan
Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.
Menurut basil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.

5. Menyehatkan jantung
Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dap penyakit kewanitaan, dll.

6. Sebagai obat stroke
Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.

7. Efek relaksasi
Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen.

8. Menguruskan badan
Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Mau kurus?, minum air putih saja.

9. Tubuh lebih bugar
Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. kita mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.
http://prakososapto31.wordpress.com/category/manfaat-air-putih/
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar