Manfaat Kopi Bagi Tubuh


Minum secangkir kopi di pagi dan sore hari di sela-sela waktu santai akan terasa nikmat sekali bagi sebagian orang, termasuk saya sendiri. Apalagi jika dibarengi dengan camilan yang enak. Apakah anda tahu manfaat kopi atau khasiat minum kopi bagi kesehatan ?
Sebenarnya saya juga kurang tahu apa manfaat kopi karena yang penting bisa memenuhi kebutuhan saya. Dan kalaupun tahu manfaat minum kopi itu ya bisa buat menghilangkan atau mengurangi rasa kantuk.



Tapi, setelah membaca sebuah artikel di sebuah majalah akhirnya saya tahu kalau minum / mengonsumsi kopi juga ada manfaatnya bagi kesehatan atau mencegah tubuh kita terserang penyakit.


MANFAAT KOPI BAGI KESEHATAN TUBUH

1. mencegah penyakit syaraf


Kandungan antioksidan dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang berhubungan dengan parkinson. Sedangkan kadein dapat berfungsi menghambat peradangan dalam otak.
2. melindungi gigi
menurut penelitian dengan meminum kopi secangkir setiap hari dapat dapat mencegah resiko kanker mulut. Selain itu kopi yang mengndung kafein juga memiliki kemampuan antibakteri dan antilengket. Sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang yang menggerogoti lapisan gigi.
3. menurunkan resiko kanker payudara
Menjelang masa menopause, wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38 persen, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor. Namun konsumsi kurang dari 4 cangkir tidak akan mendapatkan manfaat ini
4. mencegah batu empedu
5. melindungi kulit
konsumsi 2-5 cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi resiko kanker kulit.
6. mencegah diabetes
7. mencegah sirosis
kopi dapat melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol
8. mengurangi resiko jantung dan stroke
sebuah studi di Finlandia menemukan bahwa yang minum kopi dua sampai tiga cangkir setiap hari memiliki resiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Meskipun manfaat kopi juga banyak, namun begitu pula efek negatif minum kopi pastinya juga ada.
Sebenarnya bagi kebanyakan orang dalam kondisi normal, minum kopi 2 sampai 3 cangkir setiap hari tidak menimbulkan dampak negatif. Akan tetapi akan muncul efek negatifnya jika konsumsi kopinya secara berlebihan. Biasanya akan timbul jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan lainnya. Apalagi kopi juga mengandung kefein yang bersifat stimulan yang mencandu.
Java Coffee
Java Coffee atau Kopi Jawa dinobatkan sebagai kopi terenak di dunia, ketika kopi Jawa disimpan lebih lama tingkat keasaman kopi akan berkurang. Menurut beberapa situs dunia, Kopi Jawa dianggap sebagai kopi paling berharga di dunia. Hal ini dikarenakan Kopi Jawa memiliki tingkat keasaman rendah dikombinasikan dengan tanah, cuaca, suhu udara serta kelembaban udara. Hal ini yang membuat Java Coffee paling enak di dunia.

MANFAAT KOPI UNTUK KULIT & KECANTIKAN
Percaya atau tidak percaya, para wanita jangan takut untuk meminum kopi. Tetapi memang sesuatu yang berlebihan itu pada dasarnya tidak bauk bagi kesehatan. Oleh karena itu minumlah lahkopi yang dimbangi dengan meminum air putih. Ternyata manfaat kopi itu banyak lho, diantaranya mengurangi resiko terkena serangan stroke, serangan jantung, diabetes, dan juga kanker..
Menurut riset dari Journal of the American Heart Association, membuktikan :

Wanita yang meminum empat cangkir 
kopi per hari atau lebih ternyata telah mengurangi sekitar 20% risiko terserang stroke jika dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi secangkir kopi dalam sebulan. hal ini karena Antioksidan dalam kopi mengurangi peradangan dan juga memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Selain itu juga yang tidak kalah menariknya ternyata kopi juga mempunyai banyak khasiat untuk kecantikan kulit. Ternyata resep 
lulur dari nenek monyang kita bangsa indonesia tidak kalah hebat, sejak jaman dahulu kopi juga telah digunaan sebagai bahan baku lulur, sebenarnya apa saja sih manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit? yuk kita tengok satu per satu :

* Dapat 
mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki kulit yang rusak.
* Mampu menetralkan kulit yang teriritasi sekaligus memberi nutrisi pada kulit.
* Bisa 
menghilangkan bau badan.
* Berkhasiat merevitalisasi sel kulit baru dan 
menjaga kelembapan kulit.
* Bermanfaat 
menghilangkan bekas jerawatflek dan noda hitam.
* Dapat 
menghilangkan selulit dan strechmark jika dilakukan secara teratur.
* Mampu memperbaiki sirkulasi darah dan memecah lemak di tubuh yang dapat menimbulkan selulit.
* Berfungsi sebagai astrigent/penyegar karena kandungan pH – nya sama dengan kulit (4,5), sehingga mampu mengurangi dan menghilangkan jerawat atau noda pada kulit.
* Memberi proteksi ringan terhadap sinar UVA atau UVB.

Cara membuatnya juga cukup mudah, 
kopi yang di giling halus cukup dicampurkan dengan bahan dasarbody scrub ataupun masker badan.

Tetapi di sisi lain kopi memang tidak dianjurkan dikonsumsi wanita hamil, karena dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin, apabila janin telah lahir anak akan mudah gelisah dan berpotensi berpenyakit jantung.

Selain itu untuk sebagian orang yang mempunyai masalah insomnia, merasa gelisah, darah tinggi ataupun mempunyai masalah penyakit jantung tidak dianjurkan meminum kopi terlalu banyak, karena kopi mempunyai efek sebagai pemicu penyakit tersebut.
 La Vida Java (www.lavidajava.com).
Their motto is “Live Life. Have Fun. Drink Coffee!” 




Kopi Luwak


Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar