PESAWAT SILUMAN

Cara Kerja Pesawat Siluman

Pesawat Siliman atau Stealth Aircraft adalah pesawat tempur yang mampu menyerap dan membelokan radar menggunakan teknologi siluman, membuatnya sangat sulit untuk dideteksi. Pada umumnya tujuannya adalah melancarkan serangan selagi pesawat masih berada di luar pendeteksian musuh. 

F 117 Nighthawk

Pesawat F 117 Nighthawk adalah pesawat Amerika pertama yang menggunakan teknologi Stealth atau Siluman. 

Amunisi F 117 Nighthawk
Dari atas ke bawah : GBU-10-12-27-37

Sistem Kerja Stealth

Pada gambar diatas Sebuah pesawat F-117 dapat menghindari radar karena pada desain pesawat tersebut memiliki minus lekukan sehingga radar yang datang dari musuh akan di pantulkan sehingga yang muncul pada monitor RCS musuh hanyalah dot dot (titik titik) yang sangat kecil yang bisa dianggap sebagai gerombolan burung dan bukanlah pesawat yang sedang menyelinap.

Pesawat Tanpa Sistem Stealth
Gambar kedua ini adalah sebuah F-15 Eagle yang dalam desainnya banyak memiliki lekukan lekukan tajam pada bodynya sehingga dapat di tangkap oleh radar dengan baik dan muncul dalam monitor RCS sebagai dot dot pesawat tempur yang menyusup. Mungkin seperti itulah gambaran mudahnya mengapa sebuah pesawat bisa lolos dari monitor pengawas musuh, namun begitu pesawat F-117 ternyata memiliki kelemahan juga, pada saat konflik Yugoslavia, pesawat ini tertangkap radar dan tertembak jatuh oleh misil SA-3 SAM buatan Russia.ternyata jatuhnya pesawat itu pada saat bom bay nya (pintu bom) dalam keadaan terbuka sehingga mungkin sudut sudut tajam itulah yang tertangkap oleh radar kemudian di seranglah dengan misil darat ke udara tersebut (surface to air missile). Kesimpulannya, akan perlu penyempurnaan pada setiap generasi pesawat tempur, dengan penyempurnaan tersebut lah pihak suatu negara memperkecil jumlah korban jiwa yang berjatuhan.

Stealth Aircraft

B2 Spirit Stealth Bomber - USA

F 117 Nighthawk - USA
F 35 Ligthning II - USA
Sukhoi Pak Fa - Rusia

Tujuan paling* utama dari dibuatnya pesawat siluman adalah supaya tidak bisa terdeksi oleh radar musuh, dan jika bisa dikembangkan lagi teknologinya kemungkinan pesawat siluman ini akan bisa menghilang alias tidak bisa dilihat dengan mata atau kamuflase. Dengan majunya teknologi pesawat siluman, tentunya piranti radar juga semakin canggih, seperti radar frekuensi, radar suara, radar turbulensi udara dan radar panas.







Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar