GUCI - TEGAL


Apa yang anda bayangkan begitu teringat nama Tegal? Warteg, Martabak, Teh Poci atau Etos kerja? Apapun jawabannya, semuanya memang identik dgn Tegal. Sebuah “icon” yang menjadi ciri tentang Tegal dan orang Tegal.

Cerita tentang The Poci, terbayang nikmatnya seruput teh tubruk hangat dari Slawi, dengan gula batunya yang dituang dari Poci tanah liat. Ini mengingatkan kenangan masa silam, saat-saat Sosro belum melahirkan teh celupnya. Teh tubruk asli sekarang ini agak sulit didapatkan, kecuali pada momen khusus, nostalgia yang dicari atau anda memang datang langsung ke Tegal. 



Cerita tentang Teh Poci, teringat Guci. Guci sebuah poci pancuran besar yg berasal dari alam. Airnya mengepul hangat dari perut bumi, yang ditampung di dalam kolam, membentuk pemandian umum.

Tua, muda, lelaki, perempuan berendam bersama-sama. Penikmatnya duduk bersila menikmati hangatnya pancuran ditengah kesejukan kaki pegunungan Slamet. Air panas bercampur belerang, meregangkan otot yg kaku kedinginan, juga memberikan efek penyembuhan kulit-kulit yang sudah menua. Mitos dan kenyataan tentang air belerang ini sudah diakui dan berlaku di gunung vulkanoe manapun.

Guci pemandian alam yang khas Tegal, siapapun anda, tanpa memandang jenis kelamin usia, atau asal usul, semuanya dipersilahkan duduk tenang berendam, tak perlu risih berbaur dipancuran yg sama. Buat yang sedikit malu-malu kucing, boleh pake kaca mata gelap, asal jangan lirak-lirik saja.

Ada 13 pancuran umum dan 10 air terjun alam. Tinggal pilih, semuanya baru keluar dari sumber mata air yg sama.


Pemandangan alam objek wisata Guci






Guci sudah komersial, jadi anda bisa mendapatkan banyak pilihan bermalam dari penginapan melati sampai bintang empat. Terdapat sarana rekreasi ikutan spt menunggang kuda dan hiking. Aktifitas di Guci selain berendam memperbaiki kulit, menikmati keindahan alam, bisa juga dijadikan sebagai tempat study rekreasi seperti berkemah - Pramuka dll .

Suasana pegunungan dan keramaian yang ada mirip peristirahatan di Puncak Pass Cianjur. Sayur2an segar dari kebun di lereng2 gunung banyak dijajakan, dan biasa dibawa pulang sebagai buah tangan. Guci tempat yang cocok untuk liburan keluarga. Pada musim liburan sekolah, mungkin terlalu ramai. tetapi buat yang punya masalah kulit tidak usah ragu2 untuk berendam bersama, airnya jernih dan mengalir dan tentunya mumpung lagi di Tegal.



Sebelum mencapai objek wisata Guci, anda akan bertemu banyak sekali lahan atau taman-taman Strawberry. Anda bisa memilih dan memetik sendiri buah Strawberry pilihan anda.



Guci berada 40 km di selatan kota Tegal jurusan Slawi, Purwokerto. Anda akan melalui Lebaksiu. Sebuah kecamatan kecil, dimana sebagian besar penduduknya adalah migran pedagang martabak di kota2 besar di segala penjuru tanah air. dari Banda Aceh sampai Jaya Pura, termasuk sebagian besar yang ada di Jakarta. Selain Lebaksiu tadi, anda juga tidak boleh lewatkan Warung Sate Kambing …..setelah itu ada penujuk jalan yg menunjukkan tanda arah Guci, belok kiri lewat Bumi Jawa, desa Tuwel dan akhirnya sampai diatas di ketinggian 1,050 meter dpl.



Selamat menikmati Guci…
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar