Misteri Badai Matahari

Misteri yang Disebabkan Oleh Badai Matahari



Badai matahari dapat menimbulkan ledakan energi yang cukup dahsyat ke arah bumi. Hal ini dapat mengganggu jalannya sistem sinyal radio komunikasi terutama pada GPS dan Telepon Seluler dan gelombang radio satelit. Para ahli mengungkapkan bahwa aktivitas semburan badai matahari terus meningkat setiap periodenya dan puncaknya akan terjadi pada tahun 2011 atau 2012. Fenomena badai matahari ini juga akan berpengaruh pada pembangkit listrik jika terus dinyalakan pada saat badai berlangsung karena medan magnet bumi tidak setabil. Puncak aktivitas matahari atau ledakan energi matahari tersebut jika efek yang ditimbulkan benar-benar sampai ke bumi, akan terjadi selama sedikitnya dua hari.


Akibat ledakan itu, memunculkan lidah api matahari yg melepaskan awan plasma dan partikel bermuatan listrik, yg disebut Coronal Mass Ejection-CME yg mengarah ke bumi.

CME melaju dgn kecepatan 4 juta mil per jam mencapai bumi pada Kamis kemaren. Namun material yg terbawa badai itu baru sampai ke bumi kemungkinan hari ini waktu Indonesia.

Gelombang magnet yg dimunculkan badai matahari bisa merusak jaringan listrik. Untuk itu semua pihak bersiap jika ada kemungkinan pemadaman listrik secara masal di seluruh dunia. Tapi semua tergantung pada kecepatan badai saat menerjang bumi.


Penelitian mengenai badai matahari.
Peristiwa badai matahari pernah terjadi pada bulan Oktober-Nopember 2003 dan badai ini telah menyebabkan berbagai gangguan dimuka bumi, terutama terhadap kenaikan intensitas sabuk radiasi dimuka bumi dan terganggunya kinerja satelit.
Sekenario yang akan terjadi di tahun 2012
Beberapa dampak "yang mungkin masuk akal" akibat badai matahari ditahun 2012 antara lain :
Penampakan aurora di utara dan selatan bumi.
Gangguan pada sistem komunikasi baik pada komunikasi satelit, tv, radio dan telepon seluler.
Gangguan pada sistem navigasi GPS.
Gangguan pada sistem perbankkan yang didasari sistem online.
Pemadaman atau gangguan pada sistem listrik yang terjadi pada hitungan jam, bukan hari
Disamping dampak diatas yang mungkin bisa kita terima, masih ada dampak lain "yang masih menjadi misteri" akibat dari badai matahari, antara lain :
Perubahan poros kutub-kutub bumi, yang mengakibatkan bumi berotasi kearah sebaliknya, atau bumi berhenti berotasi.
Tertariknya benda-benda langit ke permukaan bumi yang pastinya akan terjadi benturan meteorit dimana-mana dan menimbulkan kerusakan hebat dimuka bumi.
Dimulainya kembali jaman es, seperti yang terjadi pada 12.000 - 13.000 tahun silam yang mengakibatkan kepunahan dinosaurus dan manusia purba yang hidup pada masa itu.
Populasi manusia berkurang hingga tinggal 30 - 40 persen dari jumlah sekarang.
Partikel dan radio aktif yang sampai kepermukaan bumi dapat mengganggu kesehatan bahkan kematian bagi mahluk hidup dimuka bumi.
Awal tanda-tanda kiamat yang banyak diyakini oleh berbagai agama dan kepercayaan.
Kepunahan mahluk hidup atau terjadi KIAMAT, mungkin tahun 2013 hanya akan menjadi kenangan yang tertulis dan kita tidak akan pernah melewatinya.
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar