Candi Buddha Abad ke-10 Ditemukan di Sleman

Re-post Blog yang terhapus
Empat bangunan candi Buddha sekitar abad ke-10 ditemukan di Palgading,Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Ini merupakan hasil temuan sejak penggalian dilakukan pada 2006. Struktur tigacandi sudah ditemukan lengkap, dan satu candi lainnya belum lengkap.

Luas bangunan candi yang sudah berhasil ditemukan adalah candi di sisiselatan seluas 13,23 x 17 meter, candi di bagian tengah seluas 8,6 x 6,35meter, dan candi di sisi utara seluas 8,85 x 8,85 meter. Untuk candi palingutara, sementara ini masih dalam penelitian.

Ketua Tim Ekskavasi Balai Pelestarian dan Peninggalan Purbakala (BP3)DIY, Wahyu Astuti menjelaskan, ekskavasi candi sebenarnya sudahdilakukan sejak tahun 2006 lalu. Namun sempat berhenti pada 2010, danbaru berlanjut lagi pada Juli 2011.

Ekskavasi awal dilakukan karena ada pelaporan dari seorang warga yangmenemukan arca Awalokiteshwara yang merupakan simbol Buddhisatwa dalampenyembahan Buddha.

Keyakinan bahwa candi di Palgading adalah candi Buddha akhirnya diperkuatsetelah ditemukan stupa di salah satu candi. Tak hanya itu, dalamekskavasi 2011 ini juga ditemukan punden berundak serta fragmen gerabahyang bentuknya sudah tidak utuh lagi.

"Hingga akhir September ini, kami akan terus melakukan ekskavasi. Kemungkinan masih ada lagi penemuan-penemuan baru," tambahnya. Sumber.
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar