Gelatik Jawa


Java Sparrow
Padda oryzivora (Linnaeus, 1758), Sinonim: Lonchura oryzivora

Deskripsi
Sedang (16 cm.), berparuh merah. Burung dewasa berkepala hitam dengan bercak putih mencolok pada bagian pipi; tubuh bagian atas dan dada abu-abu; perut merah-jambu; ekor bagian bawah putih; ekor bagian atas hitam. Burung remaja berkepala kemerah-jambuan dengan mahkota abu-abu, dan dada merah-jambu.Iris merah; paruh merah-jambu; kaki merah.

Suara
tik” yang tajam khas, “tup” yang tenang, dan kicauan lembut yang diakhiri dengan frase merengek “ti tui”.Rekaman suara dapat di dengarkan di Macaulay Library.

Gelatik Jawa, Candi Prambanan, Yogyakarta 

Persebaran dan ras
Endemik atau diketahui hanya hidup di Jawa, Kangean, dan Bali. Diintroduksi secara luas, mulai dari Asia tenggara, Australia, bahkan sampai di kepulauan Hawai.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Saat ini sangat jarang dijumpai di tempat yang terpencar-pencar. Hidup berkelompok di perkotaan, pekarangan, dan lahan pertanian. Menyerbu ladang jagung, sawah, dan gudang gandum. Bertengger dalam kelompok besar di kebun tebu dan pohon tinggi, dan sering saling menyelisik. Saat berebut tempat bersarang sering menggoyangkan badan dengan gerakan yang rumit.

Bookmark and Share

0 comments:

Posting Komentar