Keunikan Pemukiman Dari Suku Dogon


Dogon adalah nama dari kelompok suku yang menempati wilayah plato tengah Mali, di selatan sungai Niger. Saat ini suku Dogon berpopulasi sekitar 800 ribu jiwa. Suku Dogon sangat terkenal dan menjadi objek studi antropologi banyak ilmuwan. Mereka terkenal akan mitologi, kebudayaan serta arsitektur pemukimannya. Saat ini telah terjadi perubahan yang signifikan terhadap cara hidup, kebudayaan dan kepercayaan orang Dogon. 

Pemukiman Suku Dogon

Di wilayah Mopti, Mali, sekelompok orang berjumlah kurang dari satu juta, mempertahankan warisan budaya dan arsitektur yang unik yang telah mereka nikmati selama ratusan tahun.  


Tentang Suku Dogon bisa juga dibaca di : Alien Masa Lalu -  Pendatang dari Bintang Lain






Struktur tertua pemukiman Dogon dapat ditemukan pada dinding dinding tebing
Seribu tahun yang lalu orang-orang Dogon melarikan diri ke daerah terisolasi di sekitar lereng curam Bandiagara. Di sini, sekitar tebing curam desa-desa bisa lebih mudah dipertahankan. Ditambah Sungai Niger mengalir melalui daerah itu, memberikan barisan pertahanan alami. 
Menurut tradisi lisan mereka, permukiman mulai dibangun disepanjang barat daya dan selama berabad-abad orang-orang Dogon perlahan-lahan memperluas jangkauan mereka ke utara. Hal ini mungkin bahwa masyarakat Dogon berkembang sebagai hasil dari beberapa gelombang orang yang melarikan diri dari ancaman Islamisasi. 
Dinding tebing tetap indah dengan seni yang berumur ratusan tahun yang menggambarkan rincian ritual Dogon. Banyak desa-desa di tebing yang ditinggalkan, karena takut anak-anak kecil jatuh dari tebing, maka mereka membangun kembali pemukiman di bawah tebing agar tidak terlalu berbahaya. Tanah ini subur dan Dogon mampu mengembangkan pertanian sepenuhnya. 

Karena disini banyak lahan pertanian, maka di pemukiman ini banyak lumbung-lumbung untuk menyimpan benih. Sebuah rumah khas Dogon dihiasi dengan lumbung, semua terbuat dari lumpur. Dogon mengembangkan gaya arsitektur mereka sendiri dari lumpur .
Bookmark and Share

0 comments:

Posting Komentar