Pulau Christmas - Pulau Indah Di ujung Selatan Indonesia


Pulau Christmas adalah sebuah wilayah luar negeri Australia yang terdiri dari 1 Pulau. Pulau ini terletak di dekat Pulau Jawa, tepatnya di sebelah barat daya Pulau Jawa. Iklimnya merupakan iklim tropis.Pulau Christmas yang merupakan wilayah dari Australia di Samudera Hindia terletak 2.600 kilometer (1.600 mil) dari arah barat laut kota Perth, Australia Barat, 500 km (310 mil) dari arah selatan Jakarta,Indonesia dan 975 km (606 mil) dari Pulau Cocos (Keeling).



Pulau ini memiliki populasi sebesar 1.402 warga yang tinggal di sejumlah “daerah pemukiman” di ujung utara pulau: Flying Fish Cove (juga dikenal sebagai Kampung), Kota Perak, Poon Saan, dan Drumsite.Pulau ini terisolasi secara geografis dan jauh dari jangkauan manusia hingga abad ke-19. Tidak mengherankan jika berbagai flora dan fauna endemik di pulau ini relatif tidak terganggu. Kondisi ini merupakan hal yang penting untuk para ilmuwan dan naturalists.

Pulau ini sebenarnya adalah pulau yang dahulu dihuni oleh bangsa Melayu (Indonesia) namun seperti biasanya dasar dari perilaku penjajah, Inggris seperti halnya Australia, menjadikan penduduk asli pulau ini terpinggirkan dan menjadi orang kedua di tanahnya sendiri, seperti halnya kaum aborigin di Australia. Selain bangsa Melayu, bangsa Tionghoa juga banyak terdapat di Pulau ini. Dahulu mereka didatangkan dari Malaysia dan Singapura sebagai pekerja tambang fosfat (guano).

Pulau ini juga dihuni oleh (sekitar) 30 juta Kepiting Merah. Jangan salah, kepiting-kepiting ini berkeliaran di mana-mana. Di jalan, rumah, pantai, dll. Walaupun jumlahya hingga jutaan seperti itu, namun ukuran kepiting-kepiting ini cukup kecil, sehingaa tidak mutlak mengganggu aktivitas anda.








Secara logika, Pulau Natal ini lebih dekat dengan perairan Indonesia ketimbang Australia, Namun, pulau ini justru diklaim Australia sebagai bagian negaranya. Sampai sekarang, status pulau ini masih “Organisasi Teritori Australia.”

Sangat banyak keindahan alamnya, namun sayang, pulau ini masih belum terkenal di dunia. Seandainya saja bisa lebih terkenal, mungkin saja “Christmas Island” bisa menyaingi tempat wisata lainnya, Pulau ini memiliki 1 airport kecil, di mana pesawat Silk Air dan pesawat “Jet Australia” mendarat dan terbang.



Dengan Silk Air, anda bisa langsung terbang dari Singapura menuju Pulau Natal, dan sebaliknya. Apabila anda menggunakan “Jet Australia”, anda akan diterbangkan dari Perth menuju Pulau Natal, dan sebaliknya.Ada baiknya anda berlibur bersama keluarga anda ke Pulau Natal ini. 

Jumlah pengunjung resmi (wisatawan) Indonesia ke pulau ini setiap tahunnya mencapai 80%-90% dari total wisatawan yang berkunjung. Mereka pada umumnya menyukai suasana alam pantai yang eksotis. Hutan pedalamannya juga indah. Di sana banyak ditemukan kolam dan air terjun dan sabana yang terhampar menuju tepi pantai. Indah sekali.

Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar