Asam Lambung


Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan bisa menyebabkan perih dan mual. Hal ini terjadi karena lambung memproduksi asam, untuk mencerna makanan dalam keadaan jadwal yang teratur. Bahkan, saat tidur pun lambung tetap saja memproduksi asam walaupun tidak ada makanan yang harus dihancurkan.

Asam lambung sangat dibutuhkan untuk membantu pencernaan. Tanpa asam lambung, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dicerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi tidak bisa diserap secara baik oleh tubuh. Didalam tubuh sangat diperlukan jumlah asam lambung yang seimbang. Karena jika berlebihan akan menimbulkan penyakit. Produksi asam lambung bertambah pada saat tubuh membutuhkannya, yaitu saat makan. Sebaliknya, pada saat tubuh tidak membutuhkan, produksi asam lambung akan menurun kembali.

Karena itu, jadwal makan yang tidak teratur sering membuat lambung sulit beradaptasi. Bila hal ini berlangsung secara terus-menerus, akan terjadi kelebihan asam dan akan mengiritasi dinding mukosa lambung dan akan menyebabkan rasa perih,dan mual pun muncul.

Banyak orang menganggap remeh penyakit asam lambung. Padahal, jika asam lambung ini naik ke tenggorokan atau kerongkongan akan mengakibatkan kerusakan saluran tenggorokan yang pada giliran akan mengakibatkan kanker.

Penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan disebut GERD ( gastroesophageal reflux disease). Gejala GERD ciri-cirinya adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman saat menelan, dan rasa sakit saat menelan. Gejala tambahannya meliputi serangan asam yang frekuen, batuk lama rekfakter dengan pengobatan, suara serak, mual dan muntah, nyeri dada nonkardiak, dan sendawa.

Sebagai pencegahan, kita perlu mmengetahui cara mengatur pola makan yang teratur, dan kebiasaan yang lainnya seperti meninggikan kepala kurang lebih 15 cm saat tidur, menghindari makanan berlemak, asam, kopi, cokelat, mint, produk makanan dari tomat, dan minuman berkarbonasi, obat-obatan tertentu seperti golongan anticholinergenik, theophyllin.

Dan ada juga kebiasaan yang harus ditinggalkan, Misalnya makan sambil tiduran atau tiduran kurang dari 2-3 jam sesudah makan, makan terlalu banyak sekaligus, merokok, menurunkan berat badan secara drastis bagi yang obesitas. Banyak orang yang terpaksa memilki gaya hidup tidak sehat. Karena kemacetan, mereka baru bisa sampai rumah malam hari. Akibatnya, makan malam baru dilakukan pukul 20.00 malam dan tidur kurang lebih pukul 23.00 malam.

Disarankan agar makan malam dilakukan sebelum pulang kerumah sekitar pukul 18.00. Dengan demikian demikian, ketika sampai rumah langsung tidur. Karena kalau tidak demikian atau sehabis makan langsung tidur, tubuh akan memproduksi asam lambung secara besar dan akan membahayakan kesehatan tubuh kita. Asam Lambung.

Makanan Penyebab Naiknya Asam Lambung

Permasalahan dalam sistem pencernaan tidak boleh dibiarkan. Ada berbagai gangguan sistem pencernaaan atau penyakit yang mungkin terjadi dan sering dibiarkan oleh banyak orang. Masalah pencernaan yang paling umum adalah penyakit naiknya asam lambung atau gastro-esophageal reflux, sebagian besar dikenal dengan penyakit maag. Penyakit naiknya asam lambung dapat mempengaruhi umur yang berbeda dari bayi, remaja, dan juga orang dewasa. Gangguan ini harus di beri perhatian khusus karena dapat menyebabkan masalah yang lebih serius yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan.

Naiknya asam lambung bisa diketahui melalui gejala yang berhubungan dengannya.Gejala seperti rasa panas di dada atau tenggorokan, suara mendesah, suara serak atau gejala lainnya yang sama tidak boleh dibiarkan, karena gejala naiknya asam lambung juga sama dengan serangan jantung. Seseorang dengan gejala ini harus cepat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukkan apakah memiliki penyakit asam lambung atau gejala serangan jantung. Setelah dokter mendiagnosis seseorang dengan penyakit naiknya asam lambung, maka mereka harus menggunakan obat yang tepat untuk menangani kondisi ini dan mencegah masalah lebih lanjut.

Banyak orang mengetahui, penyakit naiknya asam lambung dapat terjadi kapan saja tetapi mungkin juga terjadi setelah mengkonsumsi makanan berat dengan kadar asam tinggi. Dengan demikian, setiap orang harus menghindari makanan yang sangat asam untuk mencegah asam lambung naik. Bahkan makanan yang digoreng dan berlemak juga harus dihindari. Jenis makanan ini dapat menyebabkan gejala yang lebih parah yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan. Bahkan cokelat juga dianggap sebagai makanan yang dipantang seseorang dengan penyakit naiknya asam lambung karena cokelat juga bersifat sangat asam.

Jika anda mempunyai asam lambung, cobalah mengubah diet anda dengan memilih makanan yang tepat dan sehat. Hindari makanan dengan tomat dan buah jeruk karena tomat dan buah jeruk juga bersifat sangat asam. Makanan dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lada merah atau hitam, dan bubuk cabai bisa menyebabkan kondisi lebih parah. dan jahe merupakan obat alami yang bisa dipakai untuk meredakan maag.

Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari oleh seseorang penderita naiknya asam lambung. Makanan berlemak seperti hamburger dan hot dog merupakan salah satu penyebab dalam timbul naiknya asam lambung. Sayuran tertentu juga dapat memicu seperti kembang kol, kubis brussel, kol, dan brokoli juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Yang paling penting hindari kafein yang ada dalam teh, kopi, dan soda. Karena kafein menyebabkan sekresi asam lambung yang dapat menyebabkan masalah naiknya asam lambung.

Ada metode lain untuk membantu menghilangkan penyakit naiknya asam lambung yang tidak disebabkan oleh makanan, hal ini dilakukan dengan membatasi asupan makanan anda. Biasanya, makanan berat dalam satu waktu bisa menyebabkan naiknya asam lambung daripada makan dengan porsi sedikit di setiap waktu makan. Mengkonsumsi makanan berat dapat menyebabkan masalah perut karena makanan tidak dapat dicerna dengan baik didalam perut, sehingga menyebabkan naiknya asam lambung.

Penyakit naiknya asam lambung merupakan suatu keadaan yang membutuhkan perhatian. Hal ini bisa menyebabkan keadaan yang lebih buruk jika tanpa pengawasan. Seseorang harus mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari kemungkinan naiknya asam lambung, dan hindari juga makanan yang bisa menyebabkan terjadi naiknya asam lambung pada dirinya. Belajarlah untuk mendiagnosa masalah yang disebabkan oleh naiknya asam lambung dan mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari kemungkinan terjadinya gangguan ini dengan menghindari makanan yang mungkin dapat menyebabkan Naiknya asam lambung. Asam Lambung.

Mengobati Asam Lambung

Kebanyakan orang belum mengetahui gejala-gejala sakit asam lambung. Rasa perih dalam lambung atau pada ulu hati adalah sesuatu yang sering disebut asam lambung, kenyataannya, gejala asam lambung tidak harus terasa perih dulu. Rasa yang tidak nyaman pada lambung/ ulu hati yang disertai dengan mual / kembung, sering bersendawa, atau cepat terasa kenyang juga merupakan hal dari asam lambung.

Penyakit refluks gastroesofageal menurut definisi pasa konsensues nasional merupakan kelainan yang disebabkan cairan lambung mengalami refluks (mengali balik) ke kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti dada terasa panas, terkadang disertai rasa nyeri dan gejala lain seperti rasa asam dan pahit di lidah, nyeri ulu hati, perut kembung, sering bersendawa, serta sullit saat menelan.

Cara makan juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit asam lambung.Jika anda mengalami diare yang disertai dengan rasa nyeri pada perut, pada umumnya anda diharapkan untuk meghindari makanan yang bisa menimbulkan iritasi seperti alkohol, kafein dan makanan yang banyak bumbunya. Kurangi konsumsi makanan mentah dan disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dalam kaleng yang kulitnya telah dikupas serta sayur-sayuran yang telah diolah. Hindari juga sari buah-buahan yang berkonsentrasi tinggi atau makanan yang bisa menyebabkan iritasi seperti sari jeruk.

Cara mengunyah lebih sering dan lebih mampu mengurangi kembung. Dengan mengunyah lebih lama bukan dikarenakan supaya makanan menjadi hancur melainkan untuk memberikan kesempatan agar meningkatnya volume air lliur ke dalam makanan tersebut. Karena dalam ludah manusia terdapat berbagai jenis enzyme seperti lipase, lisozim, amylase, mukosa, elektrolit dan bakterisida.

Mengobati asam lambung dengan lidah buaya sebagai berikut : Lidah buaya yang berdaging dan menghasilkan cairan putih sangat baik dipakai sebagai penyembuh luka dan keadaan kulit. Jus lidah buaya bisa dipakai sebagai pengobatan untuk gangguan pencernaan. Lidah buaya juga memiliki kandungan elemen kunci seperti aloin, aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida. Selain itu, lidah buaya juga menawarkan 19 asam amino, 20 mineral dan 12 vitamin yang penting bagi kesehatan. Jus lidah buaya juga berfungsi sebagai antimikroba dan menyembuhkan lapisan saluran pencernaan, juga bisa mengurangi peradangan. Asam Lambung.

Bookmark and Share

0 comments:

Posting Komentar