KERTAWIJAYA

(Sri Maharaja Wijaya Parakramawardhana)
Dyah Kertawijaya ada lah Bhre Tumapel memerintah (menggantikan Suhita) tahun 1369-1373 Saka (1447-1451 AD). Prasasti Waringinpitu (1369 Saka/1447 AD) menyebutkan gelar resmi (abhiseka-nama) Dyah Krtawijaya Wijayaparakramawardhana. Pararaton mencatat Dyah Krtawijaya putra Wikramawardhana dengan Dyah Nrttaja (istri kedua yang merupakan adik Dyah Hayam Wuruk).  Sebelum naik tahta Dyah Krtawijaya terlebih dahulu berdudukan sebagai Bhre Tumapel

Dyah Kertawijaya adalah raja Majapahit yang memerintah tahun 1447-1451 dengan gelar Sri Maharaja Wijaya Parakramawardhana. Menurut Pararaton, Kertawijaya adalah putra Wikramawardana dari selir dan merupakan adik tiri dari Suhita Ratu Majapahit Ke VI.
Putra Wikramawardana yang lain adalah Hyang Wekasing Sukha, Bhre Tumapel, dan Suhita. Sebelum menjadi raja, Kertawijaya pernah menjadi Bhre Tumapel, yaitu menggantikan kakaknya yang meninggal awal tahun 1427.

Akhir Pemerintahan Kertawijaya

Kertawijaya wafat tahun 1451. Ia dicandikan di Kertawijayapura. Kedudukannya sebagai raja      digantikan Rajasawarhana. Penyebutan Dyah Krtawijaya sebagai Brawijaya I tersebut karena raja ini memiliki nama yang berunsur Wijaya (keturunan Raden Wijaya).

Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar