Misteri Dan Fenomena The Eye Of Sahara "Mata Sahara"


The Eye of Sahara Merupakan salah Satu tempat misterius di dunia yang Berada di barat daya gurun sahara, yang merupakan gurun
terbesar di dunia. Pada Gurun ini terdapat Lingkaran berulir dengan diameter super besar seperti mata.

Saking besarnya lingkaran ini bisa dilihat dari luar angkasa



Keterdapatan mata biru misterius pada gurun ini telah membingungkan ilmuwan sejak penerbangan angkasa, ketika astronot pertama kali melihatnya melalui pesawat ulang-alik.

Struktur Richat, begitulah orang orang menyebut tempat misterius yang mengambil bentuk satu mata kolosal tunggal yang dikelilingi oleh cincin yang lebih besar dengan diameter 50 kilometer ini.


Bagian yang terbentuk dari sedimen batuan cadas, yang mirip bagian putih dari mata, merupakan suatu dataran yang berada sekitar 200 meter di atas gurun pasir. Struktur Richat yang berhubungan dengan iris terletak pada suatu daerah yang rendah (dangkal), sedangkan puncak bagian terluar terletak 485 meter dari permukaan laut.

Struktur Richat diduga terbentuk dari bebatuan yang berasal dari awal Paleozoic, dan berusia 600 juta tahun. Di bagian tengah, bebatuan ini tahan terhadap cuaca dan erosi (bagian yang berwarna ungu atau hijau kebiruan, membentuk punggung bukit setinggi 100 meter dan bebatuan yang nonresisten, berwarna coklat kekuningan, membentuk lembah.

Sebelumnya, diperkirakan bahwa struktur Richat terbentuk oleh karena dampak tumbukan metor atau aktivitas gunung berapi, tapi survei lapangan yang dilakukan para ahli geologi menunjukkan, bahwa hal itu tidak benar. Pemikiran saat ini adalah bahwa fitur ini terbentuk oleh pengangkatan atau peninggian tanah dan erosi yang terus menerus dari angin dan air. Namun, mengapa struktur tersebut berbentuk melingkar (sirkuler), masih merupakan misteri. Memang kalau dilihat dari jauh, nampak seperti gambar mata, dan karena terletak di gurun Sahara, maka dikenal sebagai "Mata Sahara".


Teori tertentu telah dibuat tentang bagaimana pola melingkar sempurna-dibentuk, namun tidak ada yang bisa menjelaskannya secara pasti pembentukan dari keajaiban ini. Sedangkan, Teori terbaru yang dikemukakan dalam pembentukan struktur sedimen pada lokasi ini baru sebatas teori pembentukan struktur sedimen oleh angin dan air di padang gurun ini. Formasi geologi di wilayah Mauritania tetap menjadi salah satu misteri terbesar zaman modern. Bentuk bulat sempurna, bawah datar dan dimensi yang mengesankan (50 km dengan diameter) menyangkal semua versi diusulkan asal Rishat struktur. Menurut salah satu hipotesis usia tertua cincin 0,5-0,6 juta tahun.

Dapat dikatakan bahwa penjelasan tentang struktur Richat tidak dapat dijelaskan secara menyeluruh. Ukuran raksasa Struktur Richat tidak memungkinkan untuk dilihat ketika pengunjung yang tepat di dalam area Struktur Richat. Mungkin hanya para astronot di atas yang secara langsung dapat melihat Mata magis megah Sahara.
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar