Manfaat Tak Terduga Dari Jeruk Bali


Berbicara mengenai jeruk Bali, siapa sih yang tidak mengenal buah dari keluarga jeruk (Citrus sp.)yang berasal dari Pulau Dewata ini. Mempunyai bentuk yang besar dengan kulit buah yang sangat tebal, seringkali membuat penikmat buah enggan mencoba merasakan kenikmatan yang diberikan. Padahal, masih banyak orang yang tidak tahu khasiat yang dikandung oleh buah ini.

1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Selain kaya akan vitamin C, jeruk Bali ternyata mempunyai kandungan lain yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang sering menyumbat saluran pembuluh darah jantung. Seperti dilansir dari kompas.com, terdapat penelitian yang diadakan oleh ilmuwan asal Israel yang meneliti pengaruh jeruk Bali pada pasien yang telah menjalani operasi jantung koroner. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa survey yang dilakukan terhadap 3 jenis sampel (A: pasien diberi jeruk Bali merah, B: pasien diberi jeruk Bali putih, C: pasien tidak diberi jeruk Bali sama sekali) terbukti bahwa pasien yang diberikan jeruk Bali dapat menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah. Sedangkan pasien yang tidak diberikan jeruk Bali kadar kolesterolnya tetap tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan pektin dalam jeruk Bali dinyatakan mampu menurunkan kadar kolesterol sampai dengan 10% per 15 gram.

2. Mempunyai kandungan antibakteri dan antioksidan

Kandungan antibakteri dan antioksidan dalam jeruk Bali ternyata mampu menangani masalah pada lambung dan dapat menyeimbangkan kadar asam di dalamnya. Hal ini didukung oleh kandungan likopen yang dapat menangkal bakteri di dalam lambung serta sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas.

3. Penyeimbang elektrolit dalam tubuh

Kandungan lain yang ada di dalam jeruk Bali adalah vitamin A, bioflavonoid, dan kalium. Kandungan tersebut dapat berguna untuk menyeimbangkan eletrolit dalam tubuh sekaligus berfungsi sebagai antikarsinogenik dan dapat menyehatkan prostat.

4. Sebagai masker dan kesehatan kulit

Selain berguna bagi kesehatan tubuh, jeruk Bali juga baik bagi kesehatan kulit dan dapat digunakan sebagai masker. Dengan mencampurkan daging buah jeruk Bali yang dihancurkan ditambah dengan air perasan lemon dan putih telur, lalu gunakan pada wajah sebagai masker. Biarkan campuran selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Campuran ini dapat mengurangi komedo dan merapatkan komedo pada kulit wajah Anda jika digunakan teratur selama seminggu sekali.Jadi, masih ragu untuk makan buah jeruk Bali? Sebaiknya Anda pikir-pikir lagi.

Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar