Medan Magnet di Banyumas


Fenomena alam jabal magnet, seperti di Arab Saudi, ternyata ada pula di Banyumas, Jawa Tengah. Hal itu dibuktikan dengan mobil penuh penumpang yang mampu berjalan, meski mesin tidak menyala.

Jabal Magnet tersebut terdapat di Jalan Raya Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang. Pantauan ANTV, Senin (18/4), mobil dengan mesin mati itu bisa berjalan hingga radius 50 meter. Kecepatannya mencapai 10 kilometer per jam.


Ratusan warga yang penasaran dengan fenomena medan magnet, itu berduyun-duyun datang ke lokasi. Mereka membawa kendaraan untuk memastikan kebenaran dari jabal magnet itu. Untuk memastikan fenomena itu, tim ahli geologi akan memeriksa di lokasi.

Tim ahli geologi dari Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto melakukan pengamatan awal di lokasi. Lewat pengamatan alat sederhana tidak ditemukan medan magnet. Tapi, diduga batuan di sekitar lokasi mempunyai kandungan magnet yang cukup tinggi.

Bahkan, melalui alat pengukur ketinggian, fenomena itu disinyalir terjadi karena tipuan penglihatan manusia saja. Kendati begitu, hal tersebut harus dibuktikan lebih mendalam.

Menurut warga, lokasi jabal magnet itu sangat berbahaya. Pasalnya, setiap hujan dan petir, lokasi tersebut selalu menjadi langganan sambaran petir.

Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar