Bintang Setan di Kalender Mesir Kuno


Ternyata setan juga sudah dikenal di masa mesir kuno. Terbukti dengana adanya penanggalan yang ditandai dengan setan di masa itu. Lebih lanjut simak artikel dari okezone.com berikut:

KAIRO - Orang Mesir Kuno telah lama mencatat kerlipan sebuah bintang yang dikenal bernama "Bintang Setan". Catatan tersebut diperkirakan sebagai rekaman tertua sebuah bintang variabel.

Kalender yang mencatat siklus bintang tersebut adalah Kalender Kairo, sebuah dokumen papirus yang berasal dari sekira 1163 dan 1271 sebelum masehi. Kalender tersebut ditulis orang Mesir Kuno untuk menandai hari baik serta hari buruk berdasarkan ilmu astronomi dan mitologi.

Diwartakan Live Science, Jumat (1/6/2012), dalam Kalender Kairo, para ilmuwan mendeteksi peredupan Algol atau bintang setan yang terjadi setiap 2,85 hari. Bintang ini berada di jarak 93 tahun cahaya dari Bumi, tepatnya di rasi Perseus, sebagai salah satu mata di kepala medusa.

"Tampaknya, pengamatan bintang variable pertama dilakukan 3.000 tahun lebih awal dibandingkan dugaan sebelumnya," ujar astronom dari University of Helsinki, Lauri Jetsu.

Di masa modern, Algol meredup setiap 2,867 hari. Para peneliti menunjukkan perbedaan sekira 25 menit antara perhitungan Mesir Kuno dan masa modern. Perbedaan ini diperkirakan terjadi akibat perubahan yang dialami Algol selama tiga milenium terakhir.
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar