TATA KOTA ISTANA MAJAPAHIT

Tembok batu merah tebal lagi tinggi mengitari keraton. Itulah benteng Keraton Majapahit. Pintu besar di sebelah barat yang disebut “Purawuktra” menghadap ke lapangan luas. Di tengah lapangan itu mengalir parit yang mengelilingi lapangan. Di tepi benteng “Brahmastana”, berderet-deret memanjang dan berbagai-bagai bentuknya. Di situlah tempat tunggu para perwira yang sedang meronda menjaga Paseban.-Nagarakretagama
Cuplikan dari Nagarakretagama yang menggambarkan salah satu bagian dari ibu kota Majapahit seperti yang digambarkan oleh Prapanca. Di mana reruntuhannya? Sebagian besar para pakar arkeologi memercayai dan menempatkannya di Trowulan. Mengapa Trowulan? Hal ini bermula dari penelitian yang dilakukan oleh Wardenaar atas perintah Raffles pada 1815 untuk mengamati tinggalan arkeologi di daerah Mojokerto. Dalam laporannya ia selalu menyebutkan, “in het bosch van Majapahit” untuk tinggalan budaya yang ditemukan di Mojokerto, khususnya Trowulan.

Uraian Nagarakretagama tentang Kota Majapahit telah dicari lokasinya di lapangan oleh Maclains Pont dari tahun 1924-1926. Ia berhasil membuat sketsa “kota” Majapahit di Situs Trowulan. Benteng kota Majapahit digambarkan dalam bentuk jaringan jalan dan tembok keliling yang membentuk blok-blok empat persegi. Secara makro, bentuk Kota Majapahit menyerupai bentuk mandala candi berdenah segi empat dan terdapat gapura masuk di keempat sisinya, sedangkan keraton terletak di tengah-tengah. Selain itu terdapat kediaman para prajurit dan punggawa, pejabat pemerintah pusat, para menteri, pemimpin keagamaan, para kesatria, paseban, lapangan Bubat, kolam segaran, tempat pemandian, dan lain-lain.

Istana dan Raja

Berita Cina yang ditulis oleh Ma Huan sewaktu mengikuti perjalanan Laksamana Zheng He (Cheng Ho) ke Jawa memberikan penjelasan mengenai keadaan masyarakat Majapahit pada abad XV. Antara lain, bahwa kota Majapahit terletak di pedalaman Jawa. Istana raja dikelilingi tembok tinggi lebih dari 3 zhang, pada salah satu sisinya terdapat “pintu gerbang yang berat” (mungkin terbuat dari logam). Tinggi atap bangunan antara 4-5 zhang, gentengnya terbuat dari papan kayu yang bercelah-celah (sirap).

Raja Majapahit tinggal di istana, kadang-kadang tanpa mahkota, tetapi sering kali memakai mahkota yang terbuat dari emas dan berhias kembang emas. Raja memakai kain dan selendang tanpa alas kaki, dan ke mana pun pergi selalu memakai satu atau dua bilah keris. Apabila raja keluar istana, biasanya menaiki gajah atau kereta yang ditarik lembu. Penduduk Majapahit berpenduduk sekitar 200-300 keluarga. Penduduk memakai kain dan baju, kaum lelaki berambut panjang dan terurai, sedangkan perempuannya bersanggul. Setiap anak laki-laki selalu membawa keris yang terbuat dari emas, cula badak, atau gading.

Tata Kota

Kerajaan Majapahit, selain mempunyai ibu kota sebagai pusat pemerintahan dan tempat kedudukan raja serta para pejabat kerajaan, juga merupakan pusat magis bagi seluruh kerajaan. Ditinjau dari konsep kosmologi, wujud ibu kota Majapahit dianggap sebagai perwujudan jagad raya, sedangkan raja identik dengan dewa tertinggi yang bersemayam di puncak Gunung Mahameru (Semeru).

Keberadaan Kota Majapahit menurut konsep tersebut memiliki tiga unsur, yaitu:
1.    unsur gunung (replikanya dibentuk candi),
2.    unsur sungai (replikannya dibentuk kanal),
3.    unsur laut (replikanya dibentuk waduk).


Nagarakretagama menyebutkan bahwa susunan bangunan di istana meliputi tempat tinggal raja dan keluarganya, lapangan manguntur, pemukiman para pendeta, dan rumah-rumah jaga pegawai kerajaan. Rumah di dalam istana indah, bagus, dan kuat. Ibu kota Majapahit dikelilingi oleh raja-raja daerah dan kota-kota lain. Di sekitar istana tempat kedudukan raja terdapat tempat-tempat kedudukan raja-raja daerah (paduka bhatara) serta para pajabat/pembesar kerajaan.

Pupuh VIII

1. Tersebut keajaiban kota: tembok batu merah, tebal tinggi, mengitari pura. Pintu baratbernama Pura Waktra, menghadap ke lapangan luas, bersabuk parit. Pohonbrahmastana berkaki bodi, berjajar panjang, rapi berbentuk aneka ragam. Di situlahtempat tunggu para tanda, terus menerus meronda menjaga paseban.

2. Di sebelah utara bertegak gapura permai dengan pintu besi penuh berukir. Di sebelahtimur: panggung luhur, lantainya berlapis batu, putih-putih mengkilat. Di bagian utara, diselatan pecan, rumah berjejal jauh memanjang, sangat indah. Di Selatan jalan perempat:balai prajurit tempat pertemuan tiap Caitra.

3. Balai agung Manguntur dengan balai Witana di tengah, menghadap padangwatangan. Yang meluas ke empat arah; bagian utara paseban pujangga dan menteri.Bagian timur paseban pendeta Siwa-Buddha, yang bertugas membahas upacara.Pada masa gerhana bulan Palguna, demi keselamatan seluruh dunia.

4. Di sebelah timur, pahoman berkelompok tiga-tiga mengitari kuil Siwa. Di selatantempat tinggal wipra utama, tinggi bertingkat, menghadap panggung korban. Bertegakdi halaman sebelah barat; di utara tempat Buddha bersusun tiga. Puncaknya penuh berukir; berhamburan bunga waktu raja turun berkorban.

5. Di dalam, sebelah selatan Manguntur tersekat dengan pintu, itulah paseban. Rumahbagus berjajar mengapit jalan ke barat, disela tanjung berbunga lebat. Agak jauh disebelah barat daya: panggung tempat berkeliaran para perwira. Tepat di tengah-tengah halaman bertegak mandapa penuh burung ramai berkicau.

6. Di dalam, di selatan, ada lagi paseban memanjang ke pintu keluar pura yang kedua.Dibuat bertingkat-tangga, tersekat-sekat, masing-masing berpintu sendiri. Semuabalai bertulang kuat bertiang kokoh, papan rusuknya tiada tercela. Para prajurit silihberganti, bergilir menjaga pintu, sambil bertukar tutur.

Pupuh XII 

1. Teratur rapi semua perumahan sepanjang tepi benteng. Timur tempat tinggalpemuka pendeta Siwa Hyang Brahmaraja. Selatan Buddha-sangga denganRangkanadi sebagai pemuka. Barat tempat para arya, menteri, dan sanak-kadangadiraja.

2. Di timur tersekat lapangan, menjulang istana ajaib. Raja Wengker dan rani Dahapenaka Indra dan Dewi Saci. Berdekatan dengan istana raja Matahun dan raniLasem. Tak jauh di sebelah selatan raja Wilwatikta.

3. Di sebelah utara pasar: rumah besar bagus lagi tinggi. Di situ menetap patih Daha,adinda Sri Paduka di Wengker. Batara Narpati, termashur sebagai tulang punggungpraja. Cinta-taat kepada raja, perwira, sangat tangkas dan bijak.

4. Di timur laut, rumah patih Wilwatikta, bernama Gajah Mada. Menteri wira, bijaksana,setia bakti kepada negara. Fasih bicara, teguh tangkas, tenang, tegas, cerdik, lagijujur. Tangan kanan maharaja sebagai penggerak roda negara.

5. Sebelah selatan puri, gedung kejaksaan tinggi bagus. Sebelah timur perumahanSiwa, sebelah barat Buddha. Terlangkahi rumah para menteri, para arya, dan satria.Perbedaan ragam pelbagai rumah menambah indahnya pura.

6. Semua rumah memancarkan sinar warnanya gilang-cemerlang. Menandingi bulandan matahari, indah tanpa upama. Negara-negara di Nusantara dengan Daha bagaipemuka. Tunduk menengadah, berlindung di bawah kuasa Wilwatikta. Sumber.

Bookmark and Share

1 comments:

Unknown mengatakan...

GAMES POKER & DOMINO ONLINE TERBESAR DI ASIA
BANDAR Q | DOMINO 99 | ADU Q | BANDAR POKER | POKER | CAPSA SUSUN | SAKONG

MEMBERIKAN BONUS TERBESAR !!
- CASHBACK 0.3%
- REFFERAL 15%
- JACKPOT !!
- MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW 20RB
- BEST SERVER FOR GAMBLING NO ROBOT !
- PLAYER VS PLAYER
- FAST PROSES !
- CS ONLINE 24 JAM


TUNGGU APA LAGI ? AYOO SEGERA BERGABUNG BERSAMA KITA
JANGAN LUPA AJAK TEMAN - TEMANNYA SEKALIAN YAA www.JuraganQQ.net

Posting Komentar