Kapan Zaman Es Terakhir Kali?


Jaman Es sudah berulangkali melanda Bumi dalam kurun waktu beberapa juta tahun terakhir. Hal ini memunculkan pertanyaan kapan Jaman Es yang terakhir kali?

Seperti yang dikutip dari HowItWorksDaily, Jaman Es yang beberapa kali melanda Bumi juga memiliki beberapa periode yang disebut sebagai glasial, tiap ratusan ribu tahun, dengan periode hangat yang disebut sebagai 'interglasial'.

Jaman Es terakhir, jika mengacu pada beberapa episode glasial, maka jaman es dingin global terakhir mulai sekira 100 ribu tahun yang lalu dan berakhir sekira 11.700 tahun yang lalu.
Jaman Es terakhir ini bagian paling dinginnya melanda Inggris, yang terjadi sekira 25 ribu sampai 20 ribu tahun yang lalu.

Jadi kapan Jaman Es selanjutnya? Karena Jaman Es sebelumnya saja bisa bertahan hingga 11.700 tahun lamanya.

Menurut para ahli geofisika, mungkin proses 'interglasial' selanjutnya akan terjadi sekira ribuan tahun lagi, setelah jaman es selanjutnya dimulai.

Meskipun begitu, para ilmuwan tersebut juga mengatakan bahwa keberadaan manusia dapat mempengaruhi segalanya, karena sistem iklim itu sangat kompleks dan sulit untuk diprediksi.

Note : Untuk mendapatkan informasi lebih tentang zaman es, bisa dicari melalui Data Search Box / Kolom Pencarian Data, tepat di atas FLAG COUNTER. Ketik "Zaman Es".
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar