SETI Galang Dana untuk Cari Alien


Krisis anggaran terjadi saat pemerintah AS dan National Science Foundation memangkas kontribusi mereka secara signifikan. (AP)

SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) mengalami pukulan telak pada April tahun ini ketika mesin pencari alien utama mereka yakni Allen Telescope Array (ATA), jaringan teleskop di kawasan utara California dibekukan akibat kekurangan dana operasional.

Allen Telescope Array - ATA
Namun kini, mereka yang sangat ingin mengetahui apakah ada peradaban lain di luar planet Bumi bisa membantu agar proyek tersebut bisa kembali berlanjut. Lewat upaya crowdsourcing yang disebut dengan SETIstars, Anda bisa membuat ATA kembali diaktifkan.

Serupa dengan upaya penggalangan dana lainnya, SETIstars merupakan usaha untuk mengumpulkan dana agar terkumpul anggaran yang cukup untuk biaya operasional setidaknya untuk satu tahun. Targetnya, mereka ingin mengumpulkan dana sebesar US$ 200 ribu.

Saat berita ini diturunkan, SETI tinggal memiliki waktu kurang dari satu pekan (6 hari) sebelum tenggat waktu. Sementara dana yang terkumpul baru mencapai US$102.988.

Meski ATA bukanlah satu-satunya teleskop radio yang bisa digunakan untuk pencarian SETI, namun observatorium itulah yang paling penting untuk melakukan tugas itu. Adapun krisis anggaran terjadi saat pemerintah AS dan National Science Foundation – lembaga pemerintah yang mendukung pendidikan dan penelitian mendasar di seluruh bidang non medis dari sains dan teknik – memangkas kontribusi mereka secara signifikan.

“Kami membuka situs sederhana dengan mandat yang jelas: mengumpulkan dana dari komunitas untuk membantu mengaktifkan kembali ATA,” sebut SETIstars, seperti dikutip dari situs mereka, 25 Juli 2011. “Namun ini hanyalah awalan. Mengaktifkan kembali ATA merupakan langkah pertama yang paling penting,” sebut SETIstars.
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar