Kolam Segaran - Majapahit


'Tempat Sampah' Pecah Belah Emas di Zaman Majapahit


Kolam Kuno Terbesar

Kerajaan Majapahit di masa lalu cukup disegani, apalagi ketika Kolam Segaran dibangun.


Selain menjadi tempat menjamu dari utusan dari China dan negara lainnya, kolam yang disaat itu untuk rekreasi keluarga kerajaan juga untuk memamerkan kemakmuran Majapahit.

Tamu negara asing mendapat jamuan makan dari Kerajaan Majapahit untuk menunjukkan bahwa kerajaan Majapahit adalah kerajaan makmur di mata negara - negara asingnya.


Bahkan hidangan jamuan pun menggunakan peralatan makan seperti, piring, sendok yang terbuat dari emas. Usai jamuan makan, peralatan makan dari emas itu dibuang ke kolam, sehingga para tamu negara asing itu takjub dan kagum dengan kebesaran Majapahit.


Kolam Segaran adalah kolam besar berbentuk persegi panjang dengan ukuran 800 x 500 meter persegi. Nama Segaran berasal dari bahasa Jawa 'segara' yang berarti 'laut', mungkin masyarakat setempat mengibaratkan kolam besar ini sebagai miniatur laut. Tembok dan tanggul bata merah mengelilingi kolam yang sekaligus memberi bentuk pada kolam tersebut. Saat ditemukan oleh Maclain Pont pada tahun 1926, struktur tanggul dan tembok bata merah tertimbun tanah dan lumpur. Pemugaran dilakukan beberapa tahun kemudian dan kini kolam Segaran difungsikan oleh masyarakat setempat sebagai tempat rekreasi dan kolam pemancingan.
Fungsi asli kolam ini belum diketahui, akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa kolam ini memiliki beberapa fungsi, antar lain sebagai kolam penampungan untuk memenuhi kebutuhan air bersih penduduk kota Majapahit yang padat, terutama pada saat musim kemarau. Dugaan populer lainnya adalah kolam ini digunakan sebagai tempat mandi dan kolam latihan renang prajurit Majapahit, disamping itu kolam ini diduga menjadi bagian taman hiburan tempat para bangsawan Majapahit menjamu para duta dan tamu kerajaan. Wikipedia.
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar