Awan Tegak Lurus di Langit Kota Padang


Bagi warga lokal yang percaya mitos, fenomena alam itu terkadang dikaitkan dengan bencana.

Awan berbentuk tegak lurus terlihat di kota Padang, Sumatera Barat, Senin siang 3 Juni 2012. Menurut saksi mata, awan itu terlihat di daerah Jati dan di wilayah Pantai Padang. 

Menurut keterangan saksi mata, Yanti, yang berada di Pantai Padang, memang terlihat awan tegak lurus membelah sebagian langit di Padang. Tetapi, langit yang di belah di kedua bagian itu tidak kosong. 

"Ada awan-awan lain di sampingnya. Awan itu tidak berdiri sendiri. Tetapi awan tegak lurus itu mirip kemoceng," kata Yanti saat berbincang dengan VIVAnews. Yanti sendiri tidak ada firasat apapun terkait awan tegak lurus di langit kota Padang. 

Awan tegak lurus itu sempat diabadikan oleh akun twitter @rendangminang. Akun@rendangminang mengaku memotret gambar itu sekitar pukul 13.22 WIB. Pemilik akun @rendangminang, Dian Anugrah Chaniago, yang mengambil gambar itu langsung merinding. Dia melihat sekitar pukul 13.05 di atas langit kota Padang.

"Awannya tegak lurus dan sangat panjang. Kanan kirinya kosong. Seperti langit di belah. Memanjang dari Pantai Padang sampai arah Bukit Barisan," kata Dian dalam perbincangan dengan VIVAnews.
Dian berharap fenomena ini merupakan fenomena alam biasa, dan tidak terkait dengan bencana alam khususnya gempa. "Awan itu sangat rapih, tidak acak-acakan. Seperti jembatan. Bentuk awan itu sampai sekitar 20 menit," kata dia.

Bagi sebagian warga yang percaya mitos, fenomena awan tegak lurus terkadang dikaitkan dengan bencana alam yang akan terjadi, terutama gempa bumi. Hal ini langsung dibantah Manager Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana Sumatera Barat, Ade Edward. 

"Tidak ada hubungan antara awan dengan gempa. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Ade dalam perbincangan dengan VIVAnews. Sumber.
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar