Ratusan Kecoak Bersarang di Dalam Perut Nurhaya

Nurhaya Koroys (26) warga Desa Sangowo, Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, menderita penyakit aneh. Ia sering muntah dan mengeluarkan kecoa.
Kejadian ini sudah dua kali semenjak Nurhaya berada di rumah. Kini ibu dua anak itu menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daruba, Morotai.

Ditemui di rumah sakit beberapa waktu lalu, Nurhaya mengisahkan, Jumat (25/5/2012) lalu dia merasa gatal pada tenggorokan. Akibatnya, dia pun muntah. Ternyata, yang dimuntahkannya justru membuatnya terkejut karena terdapat saekor kecoak seukuran kuku jari tangan.

Kecoak yang masih hidup itu turut bersama cairan yang dimuntahkannya.
Sebelumnya, lanjut dia, pada Rabu (23/5/2012) ia terkejut ketika mendapatkan ratusan serangga saat buang air besar. "Waktu buang air besar yang keluar cuma serangga saja," kisah Nurhaya.

Bapaknya, Mansur Koroys, juga membenarkan kejadian itu. "Jumlahnya sampai ratusan. Tapi waktu itu serangganya kecil-kecil. Bahkan ada yang sudah terbang. Anak saya hanya bisa tangkap tiga ekor dan kasih liat ke saya," tutur Mansur.

Nurhaya lantas diboyong keluarganya ke RSUD Daruba, Morotai. Sayangnya, pihak RS juga tidak bisa memecahkan penyakit yang diderita Nurhaya itu.

Dr. Kris Marimbing dari RS Daruba saat dikonfirmasi Kompas.com belum bisa memastikan penyakit yang diderita Nurhaya. Namun saat dilakukan pemeriksaan laboratorium, Nurhaya positif dinyatakan menderita Tuber Colossus (TB) kronis.
Ia bahkan sudah tiga kali keluar masuk RS Daruba dengan panyakit yang sama, yakni TB. "Terkait serangga itu kita belum bisa tahu apa penyakitnya. Yang jelas, pasien ini penderita TB karena kita sudah periksa di laboratorium TB-nya sangat parah karena sudah menjalar ke kelenjar getah girang dan kita curigai sudah menjalar ke usus karena sering diare," jelas Kris.

Pihaknya juga belum bisa mendiagnosa penyakit yang dikeluhkan Nurhaya saat masuk ke RS yang ketiga kalinya. Sebab kedatangan Nurhaya ke RS yang ketiga ini dengan keluhan mengeluarkan serangga saat muntah dan buang air. Secara medis, Kris menjelaskan, tidak ada kemungkinan serangga masuk kedalam tubuh manusia. Apalagi lewat mulut.
"Karena kalau masuk lewat mulut akan terjepit pada kerongkongan. Kalau masuknya lewat anus memang ada rongga, tapi di pintu luar anus juga tidak mungkin bisa masuk," jelasnya.

Kendati begitu, dia tetap menduga serangga itu masuk kedalam tubuh Nurhaya lantaran yang bersangkutan sudah dua tahun menderita TB.

"Mungkin sudah lama dia terbaring akhirnya serangga bisa bersarang di sana. Yang pasti, kita tetap upayakan mencari tahunya. Karena ini masuk kategori penyakit aneh," jelas Kris.
Bookmark and Share

0 comments:

Poskan Komentar